PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEKERJA KONTRAK YANG DI PHK DALAM MASA KONTRAK (STUDI PUTUSAN PENGADILAN HUBUNGAN INDUSTRIAL NOMOR 160/PDT.SUS-PHI/2020/PN.PLG)

AHMAD SYOFIUDDIN, NIM. 502018260 (2022) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEKERJA KONTRAK YANG DI PHK DALAM MASA KONTRAK (STUDI PUTUSAN PENGADILAN HUBUNGAN INDUSTRIAL NOMOR 160/PDT.SUS-PHI/2020/PN.PLG). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502018260_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text
502018260_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
502018260_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] Text
502018260_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
502018260_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] Text
502018260_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
502018260_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)

Abstract

Hakikat hukum ketenagakerjaan adalah melindungi pekerja dari tindakan sewenang-wenang pihak pengusaha itu sama. Secara sosial ekonomi, kedudukan pekerja lebih rendah dari pada pengusaha. Oleh karena itu, diperlukan pemberdayaan dan proses kemitraan dalam bekerja yang dilindungi oleh undangundang. Hubungan kerja yang terjadi antara perusahaan adalah hubungan yang bersifat timbal balik, yakni hubungan yang saling membutuhkan. Perusahaan tidak akan dapat menjalankan aktivitasnya tanpa memiliki pekerja dan demikian juga sebaliknya. Individu yang bekerja dalam suatu perusahaan tentunya bekerja untuk mendapatkan upah. Berdasarkan hubungan tersebut, sudah selayaknya masingmasing pihak yakni perusahaan dan pekerja dilindungi hak-hak dan kewajibannya. Tipe penelitian ini normatif dilakukan dengan cara mengkaji berbagai aturan hukum yang bersifat formil seperti Undang-undang, peraturan-peraturan serta literatur yang berisi konsep-konsep teoritis yang kemudian dihubungkan dengan permasalahan yang akan dibahas. Analisa data dilakukan dengan analisis kualitatif, yaitu dengan cara menafsirkan gejala yang terjadi, tidak dalam paparan perilaku, tetapi dalam sebuah kecenderungan. Analisa bahan hukum dilakukan dengan cara mengumpulkan semua bahan hukum yang diperlukan, yang bukan merupakan angka-angka dan kemudian menghubungkannya dengan permasalahan yang ada Hubungan kerja antara Penggugat dengan Tergugat faktanya tidaklah memenuhi syarat-syarat sebagaimana yang diuraikan yakni hubungan kerja yang bersifat tetap, karena tidak terpenuhi hal-hal yang menjadi syarat tersebut sehingga hubungan kerja antara Penggugat dengan Tergugat harus dimaknai pekerjaan yang bersifat tidak tetap. Hubungan kerja antara Penggugat dengan Tergugat yang bersifat tidak tetap tersebut, maka dengan sendirinya dapat mendasari hubungan kerja antara Penggugat dengan Tergugat di buat hubungan kerja berdasarkan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT )

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Hendri S, SH., MH 2. Dr. Abdul Latif Mahfuz, SH., M.Kn
Uncontrolled Keywords: ketenagakerjaan, hubungan kerja, PKWT
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 23 May 2022 06:36
Last Modified: 23 May 2022 06:36
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21051

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.