FUNGSI METERAI ELEKTRONIK(ELECTRONIC STAMP) DALAM KONTRAK ELEKTRONIK (ELECTRONIC CONTRACT)

ARYA KEVIN SIREGAR, NIM. 502018216 (2022) FUNGSI METERAI ELEKTRONIK(ELECTRONIC STAMP) DALAM KONTRAK ELEKTRONIK (ELECTRONIC CONTRACT). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiya Palembang.

[img]
Preview
Text
502018216_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502018216_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] Text
502018216_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img] Text
502018216_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
502018216_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text
502018216_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
502018216_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK FUNGSI MATERAI ELEKTRONIK (ELECTRONIC STAMP) DALAM KONTRAK ELEKTRONIK (ELECTRONIC CONTRACT) ARYA KEVIN SIREGAR 502018216 Perjanjian/kontrak merupakan aktifitas dalam ruang lingkup keperdataan yang dilakukan seseorang atau badan hukum, dalam era globalisasi semua mengarah ke arah digital, kontrak konvensiomatnal digantikan menjadi kontrak elektronik. Unsur pada kontrak elektronik adalah materai elekronik, materai elekronik adalah materai berupa lebel yang penggunaannya dilakukan dengan cara dibubuhkan pada dokumen melalui sistem tertentu. Permasalahan yang akan di angkat dalam skripsi ini 1). Bagaimana fungsi materai elektronik terhadap suatu kontrak elektronik. 2). Bagaimana keabsaan hukum terhadap materai elektronik yang terdapat pada kontrak elektronik. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian secara normanif yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data skunder yang terdiri bahan hukum dan tersier seperti norma hukum dan perundang-undangan. Teknik pengumupulan data yaitu teknik dokumen dengan meneliti sejumlah kepustakaan yang bersumber dari buku undang-undang yang selanjutnya ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1). Fungsi dari meterai elektronik dalam kotrak elektronik yaitu sebagai pajak atas dokumen keperdataan yang berartisebagai alat yang menerangkan dan pemberian nilai suatu kejadian keperdataan. Sedangkan pada proses persidangan sebagai alat penguat pada alat bukti, yang mana ketika mengajukan dokumen sebagai alat bukti harus dibubukan meterai tetapi jika sudang terlebih dahulu dibubuhkan dan akan diajukan untuk alat bukti, maka dokumen tersebut tidak perlu lagi untuk dibubuhkan bea meterai. 2). Keabsahan dari meterai elektronik yang terdapat pada kontrak elektronik yaitu meterai elektronik yang belum pernah digunakan, tanda tangan harus dibubuhkan sebagaian diatas tanggal bulan, tahun penandatanganan, pembubuhan melalui sistem elektroni, meterai elektronik yang dibubuhkan memiliki kode unik 22 digital nomor seri dan memuat tulisan “METERAI ELEKTRONIK”dan angka yang menunjukan tarif bea meterai, hal ini dapat dibuktikan dengan Peruri scanner yang mana ketika selesai dibubuhkan informasi dari meterai tersebut akan ditampilkan. Kata Kunci : Perjanjian/Kontrak, Kontrak Elektronik, Bea Materai, Materai Elektronik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Helwan Kasrah S.H., M.Hum. 2. Mona wulandari, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Perjanjian/Kontrak, Kontrak Elektronik, Bea Materai, Materai Elektronik.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Dagang
Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 18 May 2022 06:30
Last Modified: 18 May 2022 06:30
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21036

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.