FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT PELAKSANAAN PERDAGANGAN MELALUI INTERNET (E-COMMERCE)

MUHAMMAD HAFIZ KURNIAWAN, NIM. 502018026 (2022) FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT PELAKSANAAN PERDAGANGAN MELALUI INTERNET (E-COMMERCE). Skripsi thesis, Uiversitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502018026_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text
502018026_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] Text
502018026_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] Text
502018026_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
502018026_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
502018026_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
502018026_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)

Abstract

Perjanjian e-commerce yang dilakukan oleh para pihaknya bukan seperti layaknya perjanjian pada umumnya, tetapi perjanjian tersebut dapat dilakukan meskipun tanpa adanya pertemuan langsung antara kedua belah pihak, namun perjanjian antara para pihak tersebut dilakukan secara elektronik. Untuk mengetahui dan menjelaskan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan perdagangan melalui internet (e-commerce). Dan juga untuk mengetahui dan memahami kontrak perdagangan melalui internet (e-commerce) ditinjau dari hukum perjanjian. Berdasarkan hasil penelitian dipahami faktor pendukung dan penghambat perdagangan melalui internet (e-commerce), dengan adanya factor pendukung dan penghambat yang ada dalam e-commerce dari pada proses perdagangan biasa. Meskipun terdapat kemudahan-kemudahan yang diberikan e-commerce yang ternyata membeikan permasalahan terhadap pelaksanaan e-commerce itu sendiri. Faktor penghambat tersebut mengenai masalah keaslian data, keabsahan (validity), kerahasiaan (confidentiality/privacy), keberadaan barang (availiability), pembuktian kecakapan para pihak serta masalah yurisdiksi. Kontrak dalam perdagangan melalui internet (e-commerce) belum diatur di dalam Buku III KUH Perdata, pengaturan terhadap kontrak dalam e-commerce dapat digunakan aturan yang berlaku secara umum. Kontrak dalam e-commerce mengikat dan berlaku bagi para pihaknya ketika konrak tersebut disepakati oleh kedua belah pihak, hal ini terjadi dikarenakan adanya sifat terbuka dari Buku III KUH Perdata. Meskipun ada salah satu syarat sahnya perjanjian yang tidak terpenuhi mengenai syarat kecakapan dari pihak perjanjian atau kontrak yang dibuat oleh merchant dan customer tetap berlaku dan mengikat serta menjadi undang-undang bagi merchant dan customer karena syarat kecakapan termasuk dalam syarat subjektif dimana suatu syarat meskipun tidak terpenuhi dalam perjanjian tidak menyebabkan perjanjian atau kontrak menjadi tidak syah, namun perjanjian atau kontrak tersebut dapat dimintakan pembatalan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Nur Husni Emilson, SH., Sp.N., MH 2. Eni Suarti, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Faktor pendukung dan penghambat perdagangan melalui internet.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 14 May 2022 07:15
Last Modified: 14 May 2022 07:15
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20981

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.