DESAIN MEDIA PENYULUHAN PERTANIAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS PENYULUHAN PERTANIAN BERBASIS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DI KECAMATAN MUARA SUGIHAN KABUPATEN BANYUASIN

Zulfaa Chamiidah, NIM. 412018036 (2022) DESAIN MEDIA PENYULUHAN PERTANIAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS PENYULUHAN PERTANIAN BERBASIS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DI KECAMATAN MUARA SUGIHAN KABUPATEN BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412018036_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (708kB) | Preview
[img] Text
412018036_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
412018036_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
412018036_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
412018036_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] Text
412018036_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
412018036_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412018036_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui standar yang digunakan penyuluh pertanian dalam menentukan desain media penyuluhan pertanian di Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi penyuluh pertanian dalam menentukan standar desain media penyuluhan pertanian Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin pada bulan November sampai dengan Januari 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah fenomenologi. Metode penarikan contoh yang digunakan dalam penelitian ini instrument Nonprobability Sampling dengan tehnik purposive sampling. Purposive Sampling yaitu pengambilan narasumber secara sengaja. Narasumber yang dimaksud dalam penelitian ini adalah penyuluh pertanian di Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara (indepth interview), observasi partisipasi dan dokumentasi. Metode pengolahan data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semenjak masa pandemi covid-19 penyuluh pertanian di Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin memanfaatkan media sosial yaitu whatsapp sebagai media untuk menyampaikan materi maupun informasi penyuluhan pertanian kepada petani, standar yang digunakan penyuluh pertanian dalam menentukan desain media penyuluhan pertanian di Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin adalah sesuai dengan programa penyuluh pertanian, sesuai kebutuhan petani, jaringan internet (sinyal), dan cuaca, kendala yang dihadapi penyuluh pertanian dalam menentukan standar desain media penyuluhan pertanian di Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin yaitu keterbatasan menyerap aspirasi masyarakat pada masa pandemi, tidak semua petani bisa membaca, petani lebih memilih dan mudah mengerti apabila materi yang disampaikan dengan cara praktek langsung dilapangan, tidak semua petani bisa menggunakan media informasi seperti whatsapp dan zoom meeting, dan cuaca buruk, karna saat musim penghujan jaringan internet sangat sulit diakses kemudian akses jalan akan sulit saat musim penghujan sehingga tidak memungkinkan untuk melaksanakan kunjungan individu. Kata Kunci : Desain, Penyuluhan Pertanian, Teknologi Komunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Ir., H. Rahidin H. Anang, MS 2. Yulliah Peroza, S.P.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Desain, Penyuluha Pertanian, Teknologi Komunikasi
Subjects: Agribisnis > Penyuluhan Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 14 May 2022 04:29
Last Modified: 14 May 2022 04:29
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20980

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.