SISTEM AGRIBISNIS DAN TINGKAT KEUNTUNGAN USAHATANI JAMUR MERANG DI DESA SUKAMULIA KELURAHANTALANG BETUTU KECAMATAN SUKARAMIKOTA PALEMBANG

Faris Vrimadora, 412016087 (2022) SISTEM AGRIBISNIS DAN TINGKAT KEUNTUNGAN USAHATANI JAMUR MERANG DI DESA SUKAMULIA KELURAHANTALANG BETUTU KECAMATAN SUKARAMIKOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412016087_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (648kB) | Preview
[img] Text
412016087_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] Text
412016087_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[img] Text
412016087_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[img] Text
412016087_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[img] Text
412016087_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[img] Text
412016087_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img] Text
412016087_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)

Abstract

RINGKASAN FARIS VRIMADORA. Sistem Agribisnis dan Tingkat Keuntungan Usahatani Jamur Merang di Desa Sukamulia Kelurahan Talang Betutu Kecamatan Sukarami Kota Palembang (dibimbing oleh SUTARMO ISKANDAR dan YULLIAH PEROZA). Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui sistem agribisnis jamur merang dan mengetahui berapa tingkat keuntungan dari usahatani jamur merang di Desa Sukamulia Kelurahan Talang Betutu Kecamatan Sukarami Kota Palembang. Penelitian ini telah dilaksanakan di Kelurahan Talang Betutu Kecamatan Sukarami Kota Palembang pada bulan November sampai dengan Desember 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus (case study). Metode penarikan contoh yang digunakan adalah dengan cara sengaja (purposive sampling), dimana dalam penelitian 1 petani jamur merang yang mempunyai usahatani jamur merang yang ada di Desa Sukamulia Kelurahan Talang Betutu Kecamatan Sukarami dikarenakan hanya responden tersebut yang mengusahakan usahatani jamur merang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara langsung kepada responden dengan menggunakan alat bantu berupa daftar pertanyaan yang telah dipersiapkan sebelumnya serta data-data yang didapat dari lembaga-lembaga terkait yang ada hubungannya dengan penelitian ini. Metode pengolahan dan analisis data yang digunakan editing, coding, dan tabulasi, selanjutnya untuk menghitung keuntungan digunakan rumus keuntungan dan tingkat keuntungan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Subsistem produksi yang dilakukan oleh petani jamur merang dimulai dari subsistem pengadaan sarana produksi pertanian dimulai dari pembuatan kumbung, persiapan peralatan, pemilihan bibit, dan persiapan media tanam, subsistem produksi usahatani dimulai dari penanaman, pemeliharaan, dan panen, dan subsistem pemasaran, 2) Berdasarkan nilai R/C pada usahatani jamur merang dengan tingkat keuntungan sebesar 1,86 yang berarti usahatani tersebut menguntungkan karena penerimaan yang diperoleh lebih besar daripada biaya yang dikeluarkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Ir. Sutarmo Iskandar, M.S., M.Si 2. Yulliah Peroza, S.P., M.Si
Uncontrolled Keywords: KAta Kunci : Agribisnis, Keuntungan dan JAmur Merang
Subjects: Agribisnis > Produksi pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 14 May 2022 06:51
Last Modified: 14 May 2022 06:51
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20977

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.