TANGGUNG JAWAB PENJAMIN DAN UPAYA YANG DILAKUKAN OLEH PIHAK KEPOLISIAN AGAR TAHANAN YANG DITANGGUHKAN PENAHANANNYA TIDAK MELARIKAN DIRI

ALAN YUDA SATRIA, NIM. 502018444 (2022) TANGGUNG JAWAB PENJAMIN DAN UPAYA YANG DILAKUKAN OLEH PIHAK KEPOLISIAN AGAR TAHANAN YANG DITANGGUHKAN PENAHANANNYA TIDAK MELARIKAN DIRI. Skripsi thesis, Uiversitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502018444_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text
502018444_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
502018444_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] Text
502018444_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
502018444_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
502018444_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
502018444_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)

Abstract

Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana tanggungjawab penjamin jika tersangka yang ditangguhkan penahanannya melarikan diri dan apa upaya yang dilakukan oieh pihak kepolisian agar tahanan yang ditangguhkan penahannya tidak melarikan diri. Selaras dengan tujuan yang bermaksud menelusuri prinsip-prinsip hukum terutama yang bersangkut paut dengan tanggungjawab penjamin jika tersangka yang ditangguhkan penahanannya melarikan diri dan upaya pihak kepolisian agar tahanan yang ditangguhkannya tidak melarikan diri, maka jenis penelitiannya adalah penelitian hukum empiris (sosiologis) yang bersifat deskriptif (menggambarkan) dan tidak bermaksud untuk menguji hipotesa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field research). Berdasarkan penelusuran lebih jauh, terutama yang berhubungan dengan permasalahan, dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Tanggungjawab penjamin jika tersangka yang ditangguhkan penahanannya melarikan diri di Polresta Palembang adalah: bahwa setelah lewat waktu 3 (tiga) bulan tidak diketemukan, penjamin diwajibkan membayar uang yang jumlahnya ditetapkan oleh pejabat yang berwenang. Jika penjamin tidak dapat membayar sejumlah uang yang dimaksud, juru sita menyita barang miliknya untuk dijual lelang dan hasilnya disetor ke kas Negara melalui Panitera Pengadilan Negeri. 2. Upaya yang dilakukan Polresta Palembang agar tahanan yang ditangguhkannya tidak melarikan diri adalah: - Memberikan persyaratan penangguhan yang cukup ketat - Adanya keyakinan bahwa tersangka yang ditangguhkan penahanannya "aman" - terhadap tetsangka yang ditangguhkan penahanannya wajib lapor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. M. Soleh Idrus, SH., MS 2. Hj. Susiana Kifli, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab, Penjamin, Tersangka.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 14 May 2022 07:15
Last Modified: 14 May 2022 07:15
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20973

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.