STUDI AKTIVITAS PENYULUHAN PERTANIAN MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM UPAYA MERUBAH PERILAKU PETANI DI MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN BANYUASIN

RESI CIPANI, NIM 412018101 (2022) STUDI AKTIVITAS PENYULUHAN PERTANIAN MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM UPAYA MERUBAH PERILAKU PETANI DI MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
1. 412018101_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (585kB) | Preview
[img] Text
2. 412018101_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
3. 412018101_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] Text
4. 412018101_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
5. 412018101_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5kB)
[img] Text
6. 412018101_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
7. 412018101_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
8. 412018101_Cover_sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui jenis media sosial yang digunakan Penyuluh Pertanian dalam aktivitas penyuluhan pertanian, respon petani terhadap penggunaan media sosial dan hambatan penyuluh pertanian dalam pemanfaatan media sosial untuk merubah perilaku petani. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Sembawa Kabupaten Banyuasin pada bulan Desember 2021 – Januari 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah fenomenologi. Sedangkan metode penarikan contoh yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode purposive samping (secara sengaja), dimana narasumber dalam penelitian ini yaitu (1) Penyuluh Pertanian di BPP Kecamatan Sembawa berjumlah 5 orang dan, (2) Petani yang aktif mengikuti aktivitas penyuluhan pertanian berjumlah 10 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Metode pengolahan data yang digunkan (kondensasi data, penyajian data, menggambarkan dan menarik kesimpulan) dan analisis data yang digunakan adalah analisis secara deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis media sosial yang digunakan penyuluh pertanian dalam upaya merubah perilaku petani yaitu Whatsapp dan Facebook. Hal ini ditunjukkan sebagian besar pengguna media sosial untuk menyampaikan materi penyuluhan pertanian. Respon petani sebagai narasumber terhadap media sosial yang digunakan penyuluh pertanian pada masa pandemi petani menerima dengan respon positif yaitu bagi petani melalui media sosial lebih banyak mendapatkan pengalaman seperti mengikuti pelatihan, pengetahuan yang lebih luas dan memanfaatkan media sosial sebagai media pembelajaran untuk mencari informasi terkait usahatani. Hambatan penyuluh pertanian dalam penggunaan media sosial dalam aktivitas penyuluhan pertanian di Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Sembawa terdapat wilayah Binaan penyuluh pertanian jaringan internet yang kurang bagus, usia petani, petani yang gagap teknologi dan beberapa petani belum memiliki Hp android.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Ir. H. Rahidin H. Anang, MS 2. Ir. Rafeah Abubakar, M.Si
Uncontrolled Keywords: Penyuluhan Pertanian, Perubahan Perilaku, Media Sosial, Covid-19
Subjects: Agribisnis > Penyuluhan Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 14 May 2022 04:43
Last Modified: 14 May 2022 04:43
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20962

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.