ANALISIS EFISIENSI FAKTOR PRODUKSI USAHATANI PADI PADA LAHAN GAMBUT DI DESA MULYAGUNA KECAMATAN TELUK GELAM KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Wahyu Jaya Kusuma, NIM. 412017105 (2022) ANALISIS EFISIENSI FAKTOR PRODUKSI USAHATANI PADI PADA LAHAN GAMBUT DI DESA MULYAGUNA KECAMATAN TELUK GELAM KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412017105_CONER_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
412017105_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
412017105_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
412017105_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
412017105_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
412017105_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
412017105_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
412017105_COVER_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

RINGKASAN WAHYU JAYA KUSUMA,“Analisis Efisiensi Faktor Produksi Usahatani Padi Pada Lahan Gambut di Desa Mulyaguna Kecamatan Teluk Gelam Kabupaten Ogan Komering Ilir”. (Dibimbing oleh SISVABERTI AFRIYATNA DAN INNIKE ABDILLAH FAHMI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah penggunaan faktor produksi usahatani padi pada lahan gambut di Desa Mulyaguna sudah efisien dan Berapa besar pendapatan usahatani padi pada lahan gambut di Desa Mulyaguna Kecamatan Teluk Gelam Kabupaten Ogan Komering Ilir. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Mulyaguna Kecamatan Teluk Gelam Kabupaten Ogan Komering Ilir pada bulan Oktober sampai bulan November 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Metode penarikan contoh yaitu simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara langsung kepada responden, selain itu jenis data yang dikumpulkan yaitu data primer dan data sekunder. Selanjutnya pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini yaitu editing, tabulating dan coding. Analisis data yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan alat analisis cobb douglas. Selanjutnya untuk mengetahui apakah penggunaan faktor produksi usahatani padi pada lahan gambut di Desa Mulyaguna sudah efisien dan berapa besar pendapatan usahatani padi pada lahan gambut di Desa Mulyaguna Kecamatan Teluk Gelam Kabupaten Ogan Komering Ilir. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Penggunaan faktor produksi padi pada lahan gambut di Desa Mulyaguna Kecamatan Teluk Gelam ada yang belum efisien dan tidak efisien pada faktor produksi pupuk Urea, Benih dan Pupuk NPK belum efisien, dan tidak efisien pada fator produksi tenaga kerja. Pendapatan yang diperoleh petani padi pada lahan gambut di Desa Mulyaguna Kecamatan Teluk Gelam Kabupaten Ogan Komering Ilir adalah dengan produksi gabah kering giling (GKG) panen rata-rata sebanyak 1.575 Kg/lg/MT dengan rata-rata penerimaan yang diperoleh sebesar Rp 5.795.217 Lg/MT dengan rata-rata biaya produksi yang dikeluarkan sebesar Rp 1.271.370 Lg/Mt, sehingga mendapatkan pendapatan dari usahatani padi pada lahan gambut rata-rata sebesar Rp 4.523.847 Lg/Mt.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Sisvaberti Afriyatna, S.P., M.Si 2. Innike Abdillah Fahmi, S.P., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Faktor produksi, padi, lahan gambut dan desa Mulyaguna
Subjects: Agribisnis > Produksi pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 13 May 2022 03:29
Last Modified: 13 May 2022 03:29
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20952

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.