PENETAPAN HARGA JUAL DAN RISIKO PEMASARAN PRODUK PANGAN SEGAR DI PASAR ONLINE KOTA PALEMBANG

ROBBY ZUADRI RIZKIKA, NIM. 412017077 (2022) PENETAPAN HARGA JUAL DAN RISIKO PEMASARAN PRODUK PANGAN SEGAR DI PASAR ONLINE KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412017077_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (937kB) | Preview
[img] Text
412017077_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
412017077_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
412017077_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text
412017077_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
412017077_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
412017077_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)
[img] Text
412017077_Cover_Sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penentu harga jual produk pangan segar kepada konsumen, untuk mengetahui faktor risiko yang dihadapi oleh pihak pasar online dalam memasarkan produk pangan segar dan untuk mengetahui cara pengendalian risiko yang dilakukan oleh pihak pasar online dalam memasarkan produk pangan segar. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan, pada bulan Juni sampai bulan Agustus 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei, untuk metode penarikan contoh digunakan metode Purposive Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipasi (Partisipant Observation) dan wawancara mendalam (In Depth Interview) langsung kepada responden yang telah ditentukan dengan menggunakan alat bantu quisioner yang telah dipersiapkan sebelumnya dan dilengkapi dengan data sekunder yang didapat dari instansi terkait. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan Faktor yang menentukan harga jual produk pangan segar kepada konsumen dipasar online Kota Palembang lebih terpaku dengan faktor eksternal yaitu faktor harga dari pasar tradisional itu sendiri, karena pihak pasar online selalu menyesuaikan harga penjualan mereka dengan harga barang dipasar tradisional sebelum mereka menetapkan harga jual produk pangan segar mereka kepada konsumen. Dengan menghitung jumlah biaya yang lainnya seperti biaya operasional maupun biaya pengemasan akan tetapi harga pasarlah yang menentukan besar kecilnya harga yang ditetapkan kepada konsumen. Kemudian risiko yang dihadapi oleh pihak pasar dalam memasarkan produk pangan segar melalui media sosial itu sendiri rata-rata pihak pasar mengalami risiko pada saat proses pengantaran barang kepada konsumen, karena pada proses pengantaran tersebutlah bisa menjadi faktor berkurangnya kesegaran produk pangan segar yang mereka pasarkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Ir. AD Murtado, MP 2. Sisvaberti Afriyatna S.P., M.Si
Uncontrolled Keywords: Harga Jual, Risiko, Pasar Online
Subjects: Agribisnis > pemasaran pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 12 May 2022 00:40
Last Modified: 12 May 2022 00:40
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20915

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.