TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PERUNDUNGAN DI DUNIA MAYA YANG DILAKUKAN OKNUM FANS KONTES MISS UNIVERSE

RISKI CARITAS, NIM. 502018341 (2022) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PERUNDUNGAN DI DUNIA MAYA YANG DILAKUKAN OKNUM FANS KONTES MISS UNIVERSE. Skripsi thesis, Uiversitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502018341_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text
502018341_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] Text
502018341_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] Text
502018341_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
502018341_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
502018341_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
502018341_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan hubungan dunia menjadi tanpa batas dan menyebabkan perubahan sosial, ekonomi, dan budaya secara signifikan berlangsung dengan demikian cepat. Teknologi informasi saat ini menjadi pedang bermata dua, karena selain memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan, kemajuan, dan peradaban manusia, sekaligus menjadi sarana efektif perbuatan melawan hukum. Di satu sisi kemajuan teknologi membawa dampak positif, namun juga membawa dampak negatif, dengan munculnya berbagai jenis high tech crime dan cyber crime. Membuat penulis mengkaji dan melakukan penelitian terhadap salah satu cyber crime yakni perundungan di dunia maya. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian normatif deskriptif dan wawancara pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia di Filipina sebagai data pendukung penelitian. Penelitian ini membahas permasalahan bagaimana suatu perundungan di dunia maya dapat dikategorikan sebagai kejahatan siber atau cyber crime dan bagaimana proses penyelesaian hukumnya, terutama terhadap tindakan perundungan di dunia maya yang dilakukan oknum fans kontes miss universe. Berdasarkan hasil penelitian penulis suatu perundungan di dunia maya dapat dikategorikan sebagai cyber crime karena telah memenuhi beberapa unsur dan ciri khusus dari cyber crime itu sendiri dan dilihat dari perspektif hukum pidana, upaya penanggulangan cyber crime dapat dilihat dari berbagai aspek, antara lain aspek kebijakan kriminalisasi (formulasi tindak pidana), aspek pertanggungjawaban pidana atau pemidanaan, jurisdiksi dan juga pendekatan diplomatik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. H. Helmi Ibrahim, SH., M.Hum 2. Ridwan Hayatuddin, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Perundungan di Dunia Maya, Kejahatan Siber
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 12 May 2022 00:43
Last Modified: 12 May 2022 00:43
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20913

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.