PERAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Kasus UMKM Bisnis Fashion Pasar Induk di Desa Babat Banyuasin Kecamatan Babat Supat Kabupaten Musi Banyuasin )

RATIH FEBRIYANTI, NIM. 642018009 (2022) PERAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Kasus UMKM Bisnis Fashion Pasar Induk di Desa Babat Banyuasin Kecamatan Babat Supat Kabupaten Musi Banyuasin ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
642018009_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
642018009_BAB II.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] Text
642018009_BAB III.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
642018009_BAB IV.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
642018009_BAB V.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
642018009_DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
642018009_LAMPIRAN.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
642018009_Cover_sampai_Lampiran.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Ratih Febriyanti, 64 2018 009.” Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat ( Studi kasus UMKM Bisnis fashion di Pasar Induk Desa Babat Banyuasin Kecamatan Babat Supat Kabupaten Musi Banyuasin ).” Skripsi, Jurusan Ekonomi Syari’ah,Fakultas Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu menggambarkan, menguraikan, atau menjelaskan seluruh permasalahan yang ada dengan tegas dan jelas. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Bisnis Fashion yang berjumlah 15 orang dengan mengambil latar di desa Babat Banyuasin Kecamatan Babat Supat Kabupaten Musi Banyuasin. Pengumpulan data dilakukan dengan cara Observasi,wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Bisnis Fashion memberikan peran yang berdampak positif bagi masyarakat maupun pemilik UMKM yakni dapat membuka peluang kerja bagi masyarakat sehingga dapat mengentaskan masyarakat dari kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran, untuk berwirausaha bisnis fashion di Pasar Induk tidak menggunakan prasyarat khusus untuk bekerja sehingga untuk masyarakat yang memiliki pendidikan rendah masih dapat bekerja. UMKM dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan pendapatan yang mereka peroleh mereka dapat membiayai kebutuhan hidup mulai dari kebutuhan pangan,tempat tinggal, kesehatan serta kebutuhan pendidikan untuk anak–anak mereka. Faktor penghambat UMKM bisnis Fashion diantaranya faktor eksternal yang meliputi modal untuk usaha yang rendah, SDM yang terbatas sedangkan untuk faktor internal yakni terbatasnya sarana dan prasarana,iklim usaha dan otonomi daerah yang berlaku di Pasar Induk desa Babat Banyuasin Kecamatan Babat Supat Kabupaten Musi Banyuasin Kata Kunci : UMKM dan Kesejahteraan Masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. M. Jauhari, S,E., M.SI., 2. Rina Dwi Wulandari, S,E., M.SI.,
Uncontrolled Keywords: UMKM DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT
Subjects: Ekonomi Syariah > Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 11 May 2022 03:14
Last Modified: 11 May 2022 03:14
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20872

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.