STRATEGI PENGEMBANGAN DAN PENDAPATAN USAHA TANAMAN HIAS PADA PEDAGANG UUT SEPTIANTO PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN JAKABARING KOTA PALEMBANG

Rema, NIM. 412017087 (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN DAN PENDAPATAN USAHA TANAMAN HIAS PADA PEDAGANG UUT SEPTIANTO PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN JAKABARING KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412017087_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (462kB) | Preview
[img] Text
412017087_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text
412017087_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] Text
412017087_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
412017087_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
412017087_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text
412017087_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] Text
412017087_Cover_Samapai Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Astrak REMA. Strategi Pengembangan dan Pendapatan Usaha Tanaman Hias Pada Pedagang Uut Septianto Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kecamatan Jakabaring Kota Palembang (dibimbing oleh HARNIATUN ISWARINI dan YULLIAH PEROZA). Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan usaha tanaman hias pada pedagang Uut Septianto pada masa pandemi covid-19 di Kecamatan Jakabaring Kota Palembang dan berapa besar pendapatan usaha tanaman hias pada pedagang Uut Septianto pada masa pandemi covid-19 di Kecamatan Jakabaring Kota Palembang. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Jakabaring Kota Palembang pada Agustus sampai dengan Oktober 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Metode penarikan contoh yang digunakan adalah dengan cara sengaja (purposive sampling), dimana dalam penelitian ini terdapat pedagang tanaman hias yaitu Bapak Uut Septianto yang menjadi responden dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara langsung kepada responden dengan menggunakan alat bantu berupa daftar pertanyaan yang telah dipersiapkan sebelumnya serta data-data yang didapat dari lembaga-lembaga yang terkait dalam penelitian ini. Metode pengolahan dan analisis data yang digunakan yaitu editing, coding dan tabulating. Untuk menjawab rumusan masalah pertama menggunakan analisis SWOT yang merupakan singkatan dari strenghts (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunities (peluang) dan threats (ancaman)selanjutnya untuk menghitung besarnya pendapatan dengan menggunakan rumus pendapatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan analisis SWOT diketahui usaha tanaman hias di Kecamatan Jakabaring memiliki kekuatan tanaman yang dijual berkualitas, pengalaman dalam usaha, banyak jenis tanaman yang dijual dan pelayanan yang baik terhadap konsumen. Kelemahannya terbatasnya luas lahan, kurangnya keterampilan dalam manajemen, tidak adanya promosi, resiko tidak laku, kurangnya motivasi dalam usaha. Peluangnnya meningkatnya permintaan tanaman, bibit tanaman hias yang mudah didapat, tempat penjualan strategis, akses yang muda untu menuju lokasi, adanya pinjaman dari Bank. Ancamannya persaingan antar pedagang, hama dan penyakit pada tanaman, meningkatnya harga bibit, harga penjualan yang tidak stabil. Sementara untuk besarnya pendapatan berdasarkan penelitian diketahui selama satu bulan adalah sebesar Rp. 4.145.614,62.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Harniatun Iswarini, S.P., M.Si 2. Yulliah Peroza, S.P., M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan, dan Pendapatan Usaha Tanaman Hias
Subjects: Agribisnis > pemasaran pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 10 May 2022 07:00
Last Modified: 10 May 2022 07:00
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20869

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.