IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MTS AL-HIDAYAH MUARA TELANG KABUPATEN BANYUASIN

RISKA, NIM. 622018026 (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MTS AL-HIDAYAH MUARA TELANG KABUPATEN BANYUASIN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
622018026_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text
622018026_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
622018026_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
622018026_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
622018026_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] Text
622018026_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] Text
622018026_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (992kB)
[img] Text
622018026_cover_sampai_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Mts Al-Hidayah Muara Telang Kabupaten Banyuasin” ini ditulis oleh Riska, NIM: 622018026, sebagai pembimbing skripsi I adalah Dra. Yuslaini, M.Pd.I dan pembimbing skripsi adalah II Dr. Ahmad Jumhan, S.Ag., M.Hum. Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah: (1) Bagaimana proses pembentukan karakter peserta didik melalui pelajaran Akidah Akhlak di Mts Al-Hidayah Muara Telang Kabupaten Banyuasin? (2) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembentukan karakter peserta didik di Mts Al-Hidayah Muara Telang Kabupaten Banyuasin? (3) Bagaimana Hasil Pembelajaran Akidah Akhlak dalam pembentukan karakter peserta didik MTs Al-Hidayah Muara Telang Kabupaten Banyuasin? Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif. Adapun Teknik analisa data yang dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut : Pertama, Proses Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pelajaran Aqidah Akhlak Di Mts Al-Hidayah Muara Telang Kabupaten Banyuasin yaitu menerapkan nilai-nilai karakter yang baik dalam bersikap dan berprilaku dikehidupan sehari-hari, serta pembelajaran nya menggunakan metode yang tepat sehingga siswa dapat mudah memahami materi yang disampaikan. Kedua Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Proses Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Mts Al-Hidayah Muara Telang Kabupaten Banyuasin yaitu faktor pendukung dalam upaya pembentukan karakter peserta didik: orang tua, guru dan masyarakat, kepribadian guru, metode pembelajaran, dan sarana prasarana. faktor penghambat dalam upaya pembentukan karakter peserta didik: pengaruh lingkungan, dan kurangnya perhatian orang tua. Ketiga Hasil Pembelajaran Akidah Akhlak dalam pembentukan karakter peserta didik MTs Al-Hidayah Muara Telang Kabupaten menunjukan bahwa peserta didik dapat menyerap materi yang disampaikan dengan metode yang sesuai dengan materi yang dibahas serta menerapkan nilai -nilai yang terkandung dalam materi tersebut dalam kehidupan sehari hari antara lain; nilai kerukunan, keimanan serta memanfaatkan waktu yang sudah terjadwal, dan menerapkan sikap tanggung jawab, nilai kemandirian, toleransi, religious, dan disiplin. Kata Kunci: Aqidah Akhlak, Karakter, Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Yuslaini, M.Pd.I. Pembimbing : 2. Dr. Ahmad Jumhan, S.Ag., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Aqidah Akhlak, Karakter, Peserta Didik.
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 10 May 2022 05:06
Last Modified: 10 May 2022 05:06
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20866

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.