PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA TERHADAP ANAK SEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA (Studi Perkara Nomor 14/Pid.Sus-Anak/2019/PN Pkb)

M. ALWI, NIM. 91291062 (2021) PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA TERHADAP ANAK SEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA (Studi Perkara Nomor 14/Pid.Sus-Anak/2019/PN Pkb). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
91219062_BAB I_DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
91219062...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA ANAK SEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK (Studi Perkara Nomor 14/Pid.Sus-Anak/2019/PN Pkb) Oleh M. ALWI Tindak pidana pembunuhan berencana merupakan suatu perbuatan yang dilakukan seseorang atau lebih dengan sengaja dan dengan direncanakan terlebih dahulu dengan tujuan untuk menghilangkan nyawa orang lain. Perencanaan yang dimaksud meliputi adanya suatu jangka waktu tertentu bagi seseorang untuk dapat berpikir dengan tenang dalam mengambil suatu keputusan untuk menghilangkan nyawa orang lain. Sebagai syarat untuk dapat disebut sebagai pembunuhan berencana adalah terlaksananya suatu perbuatan yang direncanakan itu (hilangnya nyawa orang lain). Pembunuhan berencana dewasa ini tidak hanya dilakukan oleh orang-orang yang sudah dewasa, melainkan di dalam kasus-kasus hukum sering dijumpai keterlibatan anak dibawah umur membantu orang dewasa melakukan pembunuhan berencana. Anak yang berkonflik dengan hukum disebut juga sebagai anak pelaku tindak pidana, meskipun anak terlibat sebagai orang yang membantu pembunuhan berencana tidak secara mutlak dapat diminta pertanggungjawaban pidana terhadapnya. Untuk dapat dimintai pertanggungjawaban pidana terhadap anak, maka harus dibuktikan apakah perbuatan anak telah memenuhi unsur-unsur tindak pidana sesuai pasal yang diatur di dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Apabila perbuatan anak tidak memenuhi unsur pasal yang dimaksud, maka anak tidak dapat dimintai pertanggungjawaban. Penelitian ini adalah penelitian yuridis normatif yang bersifat deskriptif analitis yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi saat sekarang. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang bersumber dari bahan hukum primer, sekunder dan tertier. Data dikumpulkan dengan teknik studi kepustakaan, selanjutnya data-data tersebut dianalisis dengan analisis kualitatif. Kata Kunci : Pembunuhan Berencana, Anak, Pertanggungjawaban Pidana

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Sri Sulastri, S.H., M.H. 2. Dr. Zen Zanibar, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Pembunuhan Berencana, Anak, Pertanggungjawaban Pidana
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: PPS Hukum (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 10 May 2022 02:59
Last Modified: 10 May 2022 02:59
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20864

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.