Analisis Hukum Tentang Perilaku Tindak Pidana Cyber Crime Yang Berupa Phising

M. Bahrun Ardiansyah, NIM. 502018348 (2022) Analisis Hukum Tentang Perilaku Tindak Pidana Cyber Crime Yang Berupa Phising. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502018348_BAB I_SAMPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502018348_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
502018348_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] Text
502018348_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] Text
502018348_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
502018348_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
502018348 _COVER_SAMAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS HUKUM TENTANG PERILAKU TINDAK PIDANA CYBER CRIME YANG BERUPA PHISING M. BAHRUN ARDIANSYAH Studi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan hukum pidana di Indonesia mengenai Cyber Crime yang berupa Phising dan kendala apa saja yang menjadi faktor dalam menanggulangi kejahatan siber terkait Phising. Tujuan penelitian ini fokus yaitu kemampuan hukum pidana terhadap Cyber Crime yang berupa Phising dan faktor yang menjadi kendala dalam menanggulangi Cyber Crime yang berupa Phising di Indonesia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan normatif, yaitu metode penelitian hukum yang mengkaji hukum tertulis dan kepustakaan atau penelitian hukum dari beragam perspektif, bahan hukum yang digunakan ialah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Analisis dilakukan secara deskriptif yaitu mengumpulkan semua data dan menghubungkan permasalahan dengan analisis berdasarkan teori hukum yang disusun sistematis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa data pribadi yang bersifat elektronik termasuk dalam informasi elektronik yang dilindungi. UU ITE mengenal Sistem keamanan yang memberikan perlindungan terhadap data atau informasi terhadap akses illegal dengan adanya kode akses atau password serta adanya gangguan data yang juga dikenal dalam UU ITE. Kendala atas perlindungan data pribadi kurangnya pengaturan dalam UU ITE untuk menjangkau akan klasifikasi data yang dilindungi sebagai bentuk untuk memberikan kejelasan akan data yang dapat diakses. Kata kunci : Cyber Crime, Perlindungan Hukum, Phising

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Luil Maknun, S.H., M.H. 2. Yudistira Rusydi, S.H., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Cyber Crime, Perlindungan Hukum, Phising
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 28 Apr 2022 02:05
Last Modified: 28 Apr 2022 02:05
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20841

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.