PENGATURAN PERILAKU CYBER BULLYING PADA REMAJA AWAL PENGGUNA MEDIA SOSIAL DALAM HUKUM PIDANA POSITIF YANG ADA DI INDONESIA

BINTANG PRAMUDYA, NIM. 502018100 (2022) PENGATURAN PERILAKU CYBER BULLYING PADA REMAJA AWAL PENGGUNA MEDIA SOSIAL DALAM HUKUM PIDANA POSITIF YANG ADA DI INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502018100_BAB I_SAMPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502018100 _BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
502018100 _BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text
502018100 _BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
502018100 _DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
502018100 _LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
502018100_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGATURAN PERILAKU CYBER BULLYING PADA REMAJA AWAL PENGGUNA MEDIA SOSIAL DALAM HUKUM PIDANA POSITIF YANG ADA DI INDOESIA BINTANG PRAMUDYA Perkembangan teknologi yang sangat pesat di era modern seperti sekarang ini selain menimbulkan dampak positif juga menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan, salah satu dampak negatif yang timbul dari perkembangan teknologi yang sangat pesat sekarang ini salah satunya adalah tindakan cyber bullying yang di lakukan oleh remaja awal pengguna media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaturan hukum dan motif terjadinya perilaku cyber bullying yang dilakukan oleh remaja awal pengguna media sosial dalam hukum pidana positif yang ada di Indonesia, kebijakan hukum tentang cyber bullying saat ini diidentifikasi di dalam KUHP dan Undang - Undang No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, perlu di sebutkan bahwa terdapat banyak kelemahan ketentuan pidana yang mengatur tentang tindakan perilaku cyber bullying, sehingga perlu adanya pengaturan yang rinci di dalam hukum untuk menanggulai perilaku cyber bullying. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian hukum Normatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui studi kepustakaan, hasil penelitian serta mempelajari bahan-bahan tertulis yang ada kaitannya dengan permasalahannya yang akan dibahas, buku-buku ilmiah, serta perundang-undangan yang terkait dalam penulisan skripsi ini. Berdasarkan hasil penelitian pengaturan cyber bullying di atur di dalam KUHP dan di dalam Undang – Undang No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan beberapa pasal yang termuat di dalamnya, dan atas perilaku cyber bullying pelaku memiliki motif dalam melakukan tindakan bullying yang berkaitan dari beberapa faktor yang mempengaruhi kehidupan remaja awal pengguna media sosial. Kata kunci: Kebijakan hukum pidana positif dalam penanggulangan cyber bullying.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Muhammad Yahya Selma, SH., M.H. 2. Dr. Abdul Latief Mahfuz, S,H., MKn.
Uncontrolled Keywords: Kebijakan hukum pidana positif dalam penanggulangan cyber bullying.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 28 Apr 2022 02:05
Last Modified: 28 Apr 2022 02:05
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20840

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.