PENDIDIKAN ANAK DALAM KANDUNGAN MENURUT PANDANGAN ISLAM DI DESA SUKABUMI RT/RW 05/05 KECAMATAN CEMPAKA KABUPATEN OKU TIMUR

FITRI HELMAWATI, NIM. 622018011 (2022) PENDIDIKAN ANAK DALAM KANDUNGAN MENURUT PANDANGAN ISLAM DI DESA SUKABUMI RT/RW 05/05 KECAMATAN CEMPAKA KABUPATEN OKU TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622018011_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622018011_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)
[img] Text
622018011_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
622018011_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] Text
622018011_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] Text
622018011_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
622018011_Lampira.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
622018011_Cover_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan Islam adalah suatu sistem yang memungkinkan seseorang dapat mengarahkan kehidupannya sesuai dengan ideologi Islam. Sedangkan tujuan Pendidikan Islam adalah: menanamkan taqwa dan akhlak serta menegakkan kebenaran dalam rangka membentuk manusia yang berpribadidan berbudi luhur menurut ajaran Islam. Tujuan tersebut didasarkan kepada proposisi bahwa Pendidikan Islam adalah bimbingan terhadap pertumbuhan rohani dan jasmani menurut ajaran Islam dengan hikmah mengarahkan,mengajarkan, melatih, mengasuh, dan mengawasi berlakunya semua ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: perkembangan anak dalam kandungan menurut pandangan Islam , konsep pendidikan anak dalam kandungan menurut pandangan Islam serta upaya yang dilakukan orang tua dalam mendidikan anak di masa kehamilan menurut pandandangan islam di desa sukabumi Rt/ Rw 05/05 Kecamatan Cempaka Kabupaten Oku Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yang menjadi sumber data adalah ibu hamil di desa sukabumi Rt/ Rw 05/05 Kecamatan Cempaka Kabupaten Oku Timur.Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis deskriptif, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Ibu hamil di desa Sukabumi lebih sering dalam memberikan stimulasi bacaan Al-Qur‟an. Selain itu sentuhan berupa perilaku mengelus-elus dan membelai kandungan mereka lakukan bersama suami. Sebagian besar mereka juga mengajak komunikasi dan mengikutsertakan anak dalam kandungan di berbagai aktifitas ibu hamil. Mereka menyampaikan ketika diberi stimulasi respon gerakan janin semakin kencang, hal ini pertanda bahwa usaha ibu hamil bisa sampai kepada anak dalam kandungan. (2) Ditemukan hampir semua ibu hamil di desa Sukabumi RT/RW 05/05 Kecamatan Cempaka Kabupaten OKU Timur telah percaya dan melakukan stimulasi dini pada kandungannya. Hal itu bisa berupa membacakan Al-Qur‟an, memperdengarkan sholawat, lagu klasik, dan murottal Al-Qur‟an. Masalah musik, tidak semua ibu hamil menyukai musik klasik meskipun itu yang lebih dianjurkan. (3) Upaya yang dilakukan oleh ibu hamil di Desa Sukabumi RT/RW 05/05 secara tidak langsung tetapi sesuai usaha perbuatan fisik dan psikis ibu diantaranya adalah mendo’akan anaknya, mengikuti pengajian dan kegiatan keagamaan, makan makanan yang halālan ṭayyiban dan Taqarrub (mendekatkan diri kepada Allah) melalui ibadah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Jamaluddin, M. Pd 2. Dr. Abu Hanifah, M. Hum
Uncontrolled Keywords: Pendidikan anak dalam kandungan, Pandangan Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 27 Apr 2022 03:20
Last Modified: 27 Apr 2022 03:20
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20832

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.