GANDI SURAGA, NIM. 502018361 (2022) HAK KONSUMEN DAN PIHAK YANG BERWENANG MENGAWASI PENCANTUMAN KLAUSULA PADA PERJANJIAN BAKU DI REKENING TELEPON. Skripsi thesis, Uiversitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
502018361_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (166kB) | Preview |
|
Text
502018361_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
Text
502018361_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
||
Text
502018361_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
Text
502018361_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
Text
502018361_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
||
Text
502018361_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (616kB) |
Abstract
Salah satu perjanjian baku/klausula baku dapat kita temukan pada rekening telepon. Di Indonesia telepon ditangani oleh pihak Telkom, hal ini menyebabkan suatu tindakan monopoli yang dilakukan oleh Telkom, padahal datam Pasal 10 ayat (1) UU No 36 tahun 1999 tentang Telekomunikasi dijelaskan bahwa: dalam penyelenggaraan telekomunikasi dilarang melakukan kegiatan yang dapat mengakibatkan terjadinya praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat diantara penyelenggara telekomunikasi. Namun faktanya pengguna jasa telepon sering kali diragikan akibat memanfaatkan jasa tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan hak-hak koiisuinen sebagai pengguna jasa telepon dalam klausula baku di rekening telepon, dan juga untuk mengetahui dan memahami pihak yang benvenang mengawasi pencantuman klausula baku pada perjanjian baku Berdasarkan hasil penelitian dipahami bahwa hak-hak yang telah diperoieh konsumen jika dikaitkan dengan pencantuman klausula baku adalah: hak jtjformasi. Namun ada hak-hak yang belwn secara optimal mereka perolen yang justru masih jauli dari harapan, naisalnya hak untuk mendapat kenyamanan, hak untuk didengar pendapat dan keluhannya, hak untuk mendapat advokasi dan hak mendapatkan ganti rugi. Hal ini disebabkan dari konsumen itu sendiri masih belum benar-benar sadar untuk mempertahankan hak-haknya sementara pelaku usaha masih banyak yang melanggar, dan juga untuk mengtetahui pihak yang berwenang mengawasi pencantuman klausula baku agar konsumen tidak dirugikan akibat pemberlakuan klausula baku adalah: Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK), yang secara tegas diatur di dalam Pasal 52 butir c Undang-undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. M. Soleh Idrus, SH., MS 2. Burhanuddin, SH., MH |
Uncontrolled Keywords: | Pengguna jasa telepon, pengawasan pencantuman Klausula baku |
Subjects: | Ilmu Hukum > Hukum Pidana |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Hukum |
Date Deposited: | 25 Apr 2022 06:06 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 06:06 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20766 |
Actions (login required)
View Item |