PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA PELAKU KEJAHATAN PENYALAHGUNAAN SENJATA API MENURUT UNDANG-UNDANG DARURAT NO 12 TAHUN 1951

Evy Febryani, NIM. 91218095 (2020) PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA PELAKU KEJAHATAN PENYALAHGUNAAN SENJATA API MENURUT UNDANG-UNDANG DARURAT NO 12 TAHUN 1951. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
912218095_BAB I_DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (933kB) | Preview
[img] Text
912218095.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Negara Indonesia adalah Negara Hukum sebagaimana disebutkan dalam ketentuan Pasal 1 ayat (3) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Impiikasinya terhadap semua aktifitas warga Negara dan aparatur Negara harus berdasarkan aturan hukum. Semakin berkembang dan majunya peradaban manusia semestinya juga diikuti perkembangan aturan hukum. Namun kenyataannya hukum selalu tertinggal dari kemajuan peradaban manusia. Begitupun semakin kompleks dan canggihnya modus kejahatan di dunia modern seperti sekarang ini termasuk kejahatan dengan menggunakan senjata api. Di antara kejahatan yang paling menonjol adalah bentuk kejahatan penyalahgunaan senjata api. Permasalahan penelitian tesis adalah bagaimana pertanggungjawaban pidana pelaku kejahatan penyalahgunaan senjata api berdasarkan hukum positif Indonesia dan apa faktor-faktor penyebab timbulnya kejahatan penyalahgunaan senjata api dari kajian kriminologis? Penelitian ini tergolong jenis penelitian hukum normatif yang menggunakan data-data sekunder, yaitu data pustaka dan peraturan perundang-undangan. Spesifikasi penelitian ini bersifat diskriptif analitis yang tidak menggunakan hipotesa. Hasil penelitian yang ditemukan adalah pertanggungjawaban pidana pelaku kejahatan penyalahgunaan senjata api di Indonesia, baik oleh warga sipil maupun petugas aparat Negara (TNI/Polri) diancam dengan ketentuan Pasal 1 ayat (1) Undang-Undang Darurat No. 12 Tahun 1951 dengan ancaman hukuman penjara setinggi-tinginya dua puluh tahun. Sedangkan yang menjadi penyebab timbulnya kejahatan penyalahgunaan senjata api dari perspektif kriminologi adalah dari faktor internal dan juga dari faktor eksternal pelaku sendiri. Faktor internal di antaranya faktor kejiwaan akibat stress dan kelelahan, faktor pendidikan, faktor gaya sok-sok-an dan faktor tekanan ekonomi, sedangkan faktor eksternal di antaranya akibat lemahnya pengawasan dan perizinan kepemilikan senjata api serta realitas begitu mudahnya mendapatkan senjata api di masyarakat. Kata Kunci: Pertanggungjawaban Pidana, Penyalahgunaan Senjata Api

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing ; 1. Prof.Dr.H.Romli, SA., M.Ag. 2. Dr.Muhammad Yahya Selma, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Pertanggungjawaban Pidana, Penyalahgunaan Senjata Api
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: PPS Hukum (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 23 Apr 2022 04:48
Last Modified: 23 Apr 2022 04:48
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20715

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.