PRINSIP KEHATI-HATIAN DALAM TRANSAKSI ONLINE ONLINE DENGAN SKEMA BUY NOW PAY LATER (BNPL)

DORMAULI MAKDALENA MANIK, NIM. 502018379 (2022) PRINSIP KEHATI-HATIAN DALAM TRANSAKSI ONLINE ONLINE DENGAN SKEMA BUY NOW PAY LATER (BNPL). Skripsi thesis, Uiversitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502018379_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text
502018379_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
502018379_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] Text
502018379_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
502018379_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
502018379_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text
502018379_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)

Abstract

Buy NowPayLater (BNPL) adalah fitur pinjaman atau cicilan yang tersedia dalam e-commerce di Indonesia. Fitur ini mirip kartu kredit dan diperuntukkan untuk membantu pembeli yang belum memiliki dana yang cukup, namun membutuhkan suatu barang yang dijual di e-commerce tersebut. Apabila ditinjau dari aspek hukum perjanjian, terdapat tiga pihak yang terlibat dalam perjanjian pinjaman dengan skema PayLater, yaitu Konsumen, Penyedia Layanan PayLater, dan fintech. Dalam hal ini fintech berkedudukan sebagai Penerima Kuasa dan wewenang dari Pemberi Pinjaman atas Perjanjian Pinjaman yang terjadi antara Penerima Pinjaman berdasarkan Perjanjian Penyelenggaraan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi yang dibuat dan ditandatangani oleh dan antara penyelenggara dan Penerima Pinjaman. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana prinsip kehati- hatian dalam transaksi online dengan skema Buy Now Pay later (BNPL)?(2) Bagaimana akibat hukum bila prinsip kehati-hatian dalam transaksi online dengan skema Buy Now pay Later tidak terpenuhi? Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif, akan dianalisis skema pinjaman dan pembayaran dengan istilah Buy Now Pay Later (BNPL)sebagai fasilitas keuangan yang memungkinkan metode pembayaran dengan cicilan tanpa kartu kredit. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa layanan dengan skema Buy Now Pay Later ini dapat memberikan kemudahan kepada konsumen untuk membeli barang dan/atau jasa yang dikehendakinya tanpa perlu membayar dulu dan proses pendaftarannya pun tidak begitu sulit, akan tetapi di dalam penggunaannya, syarat dan ketentuan di dalam layanan skema Pay Later ini telah ditentukan terlebih dahulu oleh aplikasi online maupun penyelenggara skema Pay Later di aplikasi online tersebut. Metode BNPL ini juga memiliki kesamaan dengan unsur-unsur dasar kredit perbankan seperti kepercayaan, jangka waktu, tingkat risiko, dan prestasi dalam bentuk kredit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Khalisah Hayatuddin, SH., M.Hum 2. Dr. Abdul Latif Mahfuz, SH., M.Kn
Uncontrolled Keywords: buy now pay later dan fintech
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 21 Apr 2022 06:37
Last Modified: 21 Apr 2022 06:37
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20653

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.