PELAKSANAAN PERJANJIAN PRA NIKAH DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN SUNGAI MENANG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

ALFIQI AHMAD FARIZI, NIM. 502018368 (2022) PELAKSANAAN PERJANJIAN PRA NIKAH DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN SUNGAI MENANG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502018368_BAB I_SAMPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (724kB) | Preview
[img] Text
502018368_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] Text
502018368_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img] Text
502018368_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] Text
502018368 _DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
502018368_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
502018368_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK PELAKSANAAN PERJANJIAN PRA NIKAH DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN SUNGAI MENANG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR ALFIQI AHMAD FARIZI Dalam melaksanakan prosedur pra nikah terdapat perjanjian, yang mana perjanjian tersebut dibuat antara calon suami istri sebelum pernikahan dilangsungkan dan isinya tidak boleh melanggar hukum, agama, dan normanorma adat kesusilaan yang berlaku. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan perjanjian pra nikah di kantor urusan agama kecamatan sungai menang kabupaten ogan komering ilir, dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (empiris) dengan mengunakan pendekatan sosiologis yang menggunakan data primer dan dilengkapi oleh data sekunder yang bersifat deskriptif menjelaskan dan menjabarkan tentang pelaksanaan perjanjian pra nikah. Adapun permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimanakah prosedur perjanjian pra nikah menurut hukum perkawinan di kecamatan sungai menang kabupaten ogan komering ilir dan apakah yang dapat di jadikan objek perjanjian pra nikah di kantor urusan agama kecamatan sungai menang kabupaten ogan komering ilir. Pengelolahan data yang dilakukan dengan cara dilakukan dengan terjun langsung kelapangan secara sistematis terhadap objek yang diteliti selanjutnya ditarik suatu kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, Pelaksanaan Perjanjian pra nikah di kantor urusan agama Kecamatan Sungai Menang Kabupaten Ogan Komering Ilir sudah memenuhi syarat, yaitu: Yang pertama perjanjian tersebut sudah sesuai dengan syariat-syariat islam. Yang kedua perjanjian tersebut sudah memenuhi Ketentuan dalam undang-undang. Yang ketiga perjanjian tersebut sudah memenuhi syarat yang mana perjanjian ini di buat dihadapan notaris Adapun Objek yang dapat di jadikan Perjanjian Pra Nikah Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sungai Menang Kabupaten Ogan Komering Ilir, yaitu: Benda Bergerak Dan Tidak Bergerak. Kata kunci: KUA, Perjanjian Perkawinan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing Skripsi 1 : Rosmawati, SH., MH Pembimbing Skripsi 2 : H.Saifullah Basri, SH., MH
Uncontrolled Keywords: KUA, Perjanjian Perkawinan
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 23 Apr 2022 01:34
Last Modified: 23 Apr 2022 01:34
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20650

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.