EFEKTIVITAS MAJELIS TAKLIM PENGAJIAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MASJID JAUHARUL IMAN TANGGA TAKAT SEBERANG ULU II PALEMBANG

MUHAMMAD ANDRE, NIM. 622018035 (2022) EFEKTIVITAS MAJELIS TAKLIM PENGAJIAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MASJID JAUHARUL IMAN TANGGA TAKAT SEBERANG ULU II PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622018035_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622018035_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[img] Text
622018035_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
622018035_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
622018035_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
622018035_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
622018035_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
622018035_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi berjudul “Efektivitas Majelis Taklim Pengajian dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Masjid Jauharul Iman Tangga Takat Seberang Ulu II Palembang” yang ditulis oleh Muhammad Andre Nim. 622018035. Adapun latar belakang dalam skripsi ini bahwa jamaah kaum bapak di masjid jauharul iman banyak yang belum mampu membaca Al-Qur’an, bahkan mereka sama sekali ada yang belum mampu mengenal huruf hijaiyah sesuai makhorijul huruf, sehingga mengakibatkan bacaan dalam aktivitas ibadah mereka belum secara baik dan benar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan sumber data primer yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan pencatatan secara sistematis terhadap permasalahan, kemudian sumber data sekunder diperoleh melalui referensi buku, jurnal maupun laporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, kegiatan majelis taklim pengajian di Masjid Jauharul Iman Tangga Takat Seberang Ulu II Palembang merupakan aktivitas belajar Al-Qur’an rutin, mulai dari mempelajari huruf hijaiyah, makhorijul huruf dan ilmu tajwid. Proses belajar Al-Qur’an dalam majelis taklim pengajian menggunakan sebuah buku Iqro yang dibuat oleh tenaga pengajar untuk mempermudah jamaah dalam mengenal huruf hijaiyah beserta tanda bacanya. Adapun yang menjadi pendukung berlangsunya kegiatan belajar majelis taklim pengajian diantaranya; suasana tempat belajar yang tenang, lingkungan yang bersih dan nyaman serta komunikasi yang terjalin baik antara ustadz dengan jamaah dalam proses pembelajaran. Kedua, efektivitas kegiatan majelis taklim pengajian dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di Masjid Jauharul Iman Tangga Takat Seberang Ulu II Palembang melalui beberapa hal, yaitu adanya materi yang dirancang secara terstruktur dan sistematis dalam buku Iqro yang telah di buat oleh tenaga pengajar, penyediaan media yang memadai, penggunaan metode yang tepat dan gaya mengajar yang sesuai sehingga memiliki respon positif dari jamaah dalam proses pembelajaran. Ketiga, faktor penghambat majelis taklim pengajian dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dipengaruhi oleh faktor internal yaitu usia jamaah yang sudah tua sehingga penglihatan sudah mulai terganggu, daya serap yang lemah sehingga jamaah lambat dalam memahami materi yang diajarkan dan kekakuan lidah jamaah dalam membaca Al-Qur’an berdasarkan makhorijul huruf, faktor penghambat eksternal yaitu faktor cuaca yang kurang mendukung; misalnya turun hujan deras yang biasanya belajar mengaji ditunda pada pertemuan selanjutya, kesibukan pekerjaan dari masing-masing jamaah pengajian yang terkadang membuat mereka berhalangan hadir dan kurangnya kemauan jamaah untuk mengulangi di rumah dari ilmu yang telah diajarkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Yuslaini, M.Pd 2. Zulkipli, S.Ag., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Majelis, Taklim, Pengajian.
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 19 Apr 2022 07:32
Last Modified: 19 Apr 2022 07:32
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20581

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.