PERAN BUMDES TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA SINAR NAPALAN KECAMATAN BUAY PEMACA KABUPATEN OKU SELATAN DALAM EKONOMI SYARIAH

WINDA WINARTI, NIM. 642018004 (2022) PERAN BUMDES TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA SINAR NAPALAN KECAMATAN BUAY PEMACA KABUPATEN OKU SELATAN DALAM EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
642018004_BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
642018004_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
642018004_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
642018004_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
642018004_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
642018004_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
642018004_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
642018004_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Winda Winarti/ 642018004/ Ekonomi Syari’ah/2021. Judul dalam penelitian ini adalah “Peran Bumdes Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Sinar Napalan Kecamatan Buay Pemaca Kabupaten Oku Selatan Dalam Ekonomi Syariah”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syari’ah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran badan usaha milik desa (BUMDes) dalam meningkatkan kesejahteraan di Desaa Sinar Napalan Kecamatan Buay Pemaca Kabupten Oku Selatan. (2) Bagaimana pola pengelolaan badan usaha milik desa (BUMDes) di Desa Sinar Napalan Kecamatan Buay Pemaca Kabupaten Oku Selatan. (3) Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambatadan usaha milik desa (BUMDes) dalam meningkatkan kesejahteraan Desa Sinar Napalan Kecamatan Buay Pemaca Kabupaten Oku Selatan. (4) Bagaimana upaya badan usaha milik desa (BUMDes) dalam meningkatkan kesejahteraan di Desa Sinar Napalan Kecamatan Buay Pemaca Kabupaten Oku Selatan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peran badan usaha milik desa (BUMDes) apakah dapat meningkatkan kesejahteraan dalam BUMDes yang diupayakan masyarakat Desa Sinar Napalan Kecamatan Buay Pemaca Kabupaten Oku Selatan. (2) Untuk mengetahui bagaimana pola pengelolaan badan usaha milik desa (BUMDes) di Desa Sinar Napalan Kecamatan Buay Pemaca Kabupaten Oku Selatan. (3) Untuk Mengetahui apa saja fakto-faktor pendukung dan penghambat badan usaha milik desa (BUMDes) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. (4) Utuk mengetahui bagaimana upaya dalam meningkatkan kesejahteraan melalui badan usaha milik desa (BUMDes) di Desa Sinar Napalan Kecamatan Buay Pemaca Kabupaten Oku Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research), Adapun data yang didapat penulis, penulis lakukan dengan mengunakan Teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang dikumpulkan tersebut bersumber dari data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari proses wawancara. Adapun data sekunder yaitu data yang diperoleh dari buku bacaan, peraturan perundangundangan yang mempunyai hubungan dengan masalah yang akan diteliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa badan usaha milik desa (BUMDes) Napalan Jaya di Desa Sinar Napalan adalah (1) dalam meningkatkan kesejahteraan telah di wujudkan dengan adanya unit usaha yang ada di dalamnya seperti unit usaha sektor riil. (2) Pola pengelolahan BUMDes Napalan Jaya belum sepenuhnya menjalankan prinsip-prinsip pengelohaan. (3) Faktor-faktor pendukung dan penghambat BUMDes Napalan Jaya dalam meningkatkan kesejahteraan meliputi komitmen pemerintah, sumber daya alam (SDA), sumber daya manusia (SDM). (4) Upaya BUMDes dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat menurut ekonomi islam tidak hanya diukur berdasarkan materi tetapi juga non materi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Purmansyah Ariadi, S.Ag.,M.Hum. 2. Fikri Junanda, S.E.M.Si.
Uncontrolled Keywords: BUMDes, Peran, dan Kemiskinan
Subjects: Ekonomi Syariah > Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 19 Apr 2022 04:31
Last Modified: 19 Apr 2022 04:31
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20559

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.