PELAKSANAAN REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MENDIDIK ANAK DI LINGKUNGAN KELUARGA MENURUT PERSPEKTIF ISLAM DI DESA PANGESTU KECAMATAN MAKARTI JAYA

Apriyani Nurhanifah, 622918006 (2022) PELAKSANAAN REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MENDIDIK ANAK DI LINGKUNGAN KELUARGA MENURUT PERSPEKTIF ISLAM DI DESA PANGESTU KECAMATAN MAKARTI JAYA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622018006_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (912kB) | Preview
[img] Text
622018006_BAB II.docx
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] Text
622018006_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
622018006_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
622018006_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
622018006_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] Text
622018006_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] Text
622018006_Cover_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Apriyani Nurhanifah Nim:622018006, Judul Skripsi “Pelaksanaan Reward Dan Punishment Dalam Mendidik Anak Di Lingkungan Keluarga Dalam Perspektif Islam Di Desa Pangestu Kecamatan Makarti Jaya. Sebagai Pembimbing I Ibu Sriyanti, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Bapak Helyadi, S.H., M.H Tahun 2022. Metode Penelitian adalah metode Kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, pendekatan penelitian menggunakan pendeketan Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Adapun subjek penelitian ini adalah orang tua yang mempunyai anak dari umur 7-11 tahun di Desa Pangestu Kecamatan Makarti Jaya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, Pelaksanaan Reward dalam mendidik anak di lingkungan keluarga di Desa Pangestu Kecamatan Makarti Jaya sudah di katakana baik. Adapun diantara bentuk-bentuk Reward yang diberikan orang tua kepada anaknya yaitu berupa kata-kata pujian ataupun hadiah lainnya yang berupa materi seperti membelikan sepeda, buku dan alat tulis serta mengajak anaknya pergi untuk jalan-jalan. Kedua, Pelaksanaan Punishment dalam mendidik anak di lingkungan keluarga di Desa Pangestu Kecamatan Makarti Jaya orang tua sudah di katakana baik. Diantaranya menasehati, menegurnya, memarahinya, ada juga yang memotong uang saku serta menghafal doa-doa harian dan menyapu halaman rumah. Ketiga, Dampak positif dan negatif dari pemberian Reward dalam mendidik anak dilingkungan keluarga di Desa Pangestu Kecamatan Makarti Jaya, Dampak Positif dari pemberian Reward, anak akan sangat bangga kepada dirinya, anak akan bersemngat lagi untuk melakukan kebaikan dan terus mengulang untuk hal-hal yang baik. Sedangkan dampak negatif pemberian Reward yaitu apa bila berlebihan memberikan Reward maka akan membuat anak kecanduan dan selalu mengharapkan imbalan. Keempat, Dampak positif dan negatif dari pemberian Punishment dalam mendidik anak dilingkungan keluarga di Desa Pangestu Kecamatan Makarti Jaya, bahwa dampak positifnya yaitu anak akan menjadi memperbaiki terhadap kesalahan yang telah mereka lakukan dan berusaha tidak akan mengulangi kesalahan yang sama. Sedangkan dampak negatifnya anak akan menjadi sempit hati, bersifat pemalas, serta akan menyebabkan ia suka berdusta. (karena takut dihukum).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Sri Yanti, S.Pd., M.Pd 2. Helyadi, S.H., M.H
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : ( Reward, Punishment, Anak, Keluarga).
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 19 Apr 2022 06:32
Last Modified: 19 Apr 2022 06:32
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20549

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.