PERJANJIAN PENGELOLAAN PASAR PTM SQUARE ANTARA PT. BIMA PUTRA ABADI CITRA NUSA DENGAN PEMERINTAH DAERAH DI KABUPATEN LAHAT

TIARA HAYATUL MARDIA, NIM. 502018366 (2022) PERJANJIAN PENGELOLAAN PASAR PTM SQUARE ANTARA PT. BIMA PUTRA ABADI CITRA NUSA DENGAN PEMERINTAH DAERAH DI KABUPATEN LAHAT. Skripsi thesis, Uiversitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502018366_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502018366_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
502018366_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text
502018366_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
502018366_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
502018366_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
502018366_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pasar Tradisional Modern di Kabupaten Lahat yang sering disebut juga PTM square Lahat yang dapat menggerakkan roda perekonomian daerah karena di sinilah perputaran uang terbesar selain perbankan. Pasar Tradisional Modern di Kabupaten Lahat sendiri pasar yang paling besar dan lengkap di Kabupaten Lahat, segala bentuk hasil bumi seperti sayuran, rempah, dan sebagainya diperdagangkan di Pasar Tradisional ini. Adapun permasalahan dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana penerapan Perjanjian pengelolaan pasar PTM Square yang di lakukan antara PT. Bima Putra Abadi Citra Nusa dengan pemerintah daerah di Kabupaten Lahat? dan 2) Apa saja dampak dari pengelolaan PTM yang di lakukan oleh PT. Bima Putra Abadi Citra Nusa bagi para pedagang di pasar PTM Square? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum empiris, yang bersifat normatif yang mana penelitian ini menerapkan metode kepustakaan yang datanya lebih banyak didapat melalui buku�buku, perundang-undangan dan internet. Berdasarkan hasil penelitian terhadap permasalahan maka dapat disimpulkan bahwa: Perjanjian pengelolaan pasar PTM Square antara PT. Bima Putra Abadi Citra Nusa dengan Pemerintah Daerah di Kabupaten Lahat dilakukan untuk memindahkan para pedagang hamparan dengan pedagang kaki lima serta untuk mengatasi kemacetan di sekitar Pasar Serelo dan pasar lainnya. Penerapan perjanjian tersebut belum terjalankan dengan optimal dan baik sesuai dengan tujuan perjanjian pengelolaan tersebut. Sedangkan dampak yang timbul dari perjanjian pengelolaan pasar PTM Square antar PT. Bima Putra Abadi Citra Nusa dengan Pemerintah Daerah di Kabupaten Lahat yakni: a) Dampak positif: Manajemen yang transparan dan profesional serta adanya jaminan keamanan, dan b) Dampak Negatif seperti: Pengawasan belum berjalan dengan baik, karena masih banyak jalan yang berlubang, masih adanya pemungut salar (pajak pasar) yang mengaku-ngaku dari pihak pengelola.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Mona Wulandari, SH., MH 2. Burhanuddin, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Perjanjian Pengelolaan Pasar
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 20 Apr 2022 05:51
Last Modified: 20 Apr 2022 05:51
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20456

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.