ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL DI SMP

Mukti Sari, NIM. 332017006 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL DI SMP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332017006_BAB I_DAFTAR PUSTAKA...pdf

Download (998kB) | Preview
[img] Text
332017006_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
332017006_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
332017006_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] Text
332017006_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
332017006_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
332017006_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text
332017006_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
332017006_Cover_sampai_Lampiran....pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Sari, Mukti 2021. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual SMP. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (1) Drs. Sunardi, M.Pd., (2) Rieno Septra Nery, S.Si., M.Pd Kata Kunci : kemampuan komunikasi matematis, masalah kontekstual, SPLDV kemamapuan komunikasi matematis adalah kemampuan menyampaikan gagasan/ide matematis, baik secara lisan maupun tulisan. Faktor yang menyebabkan kurangnya kemampuan komunikasi matematis siswa diantaranya siswa cenderung mengalami kesulitan dan melakukan kesalahan saat menyatakan permasalahan pada soal ke dalam notasi dan simbol matematika. Siswa kurang dapat mengkomunikasikan ide-ide matematisnya secara jelas dan benar, baik secara lisan maupun tulisan. Penyebab lainnya ialah guru masih cenderung aktif, dengan pendekatan ceramah menyampaikan materi pada peserta didik sehingga kemampuan komunikasi matematis siswa cenderung lemah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan Komunikasi matematis dalam menyelesaikan Masalah Kontekstual SMP. Pendekatan penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kualitataif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 SMP Fitra Abdi Palembang yang melaksanakan pembelajaran secara online yaitu sebanyak 23. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes yang berfungsi sebagai data utama dalam penelitian ini. Analisis data bertujuan untuk menentukan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual materi SPLDV kelas VIII.1 SMP Fitra Abdi Palembang. Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil penelitian ini dengan hasil perbedaan pada tiap indikator kemampuan komunikasi matematis, kemampuan menuliskan dan menyelesaikan permasalahan dengan bahasa sendiri dikategorikan dengan persentase 31,5%, kemampuan menyatakan soal ke dalam bentuk lisan atau tulisan dikategorikan dengan persentase 76,7%, kemampuan menuliskan sistematika penyelesaian dikategorikan dengan persentase 88,5%, kemampuan menuliskan perencanaan penyelsaian soal dengan bahasa sendiri diketegorikan dengan persentase 49,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi maatematis siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual pada materi SPLDV dikategorikan sedang dengan persentase 60,86%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Sunardi, M.Pd. 2. Rieno Septra Nery, S.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kemampuan komunikasi matematis, masalah kontekstual, SPLDV
Subjects: Administrasi Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 16 Apr 2022 03:00
Last Modified: 16 Apr 2022 03:00
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20418

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.