PELAKSANAAN DAN HAMBATAN BP4 DALAM MELAKSANAKAN MEDIASI MENDAMAIKAN PASANGAN YANG BERSENGKETA DI KUA SEBERANG ULU II PALEMBANG

MUHAMMAD ZEN, NIM. 502018021 (2022) PELAKSANAAN DAN HAMBATAN BP4 DALAM MELAKSANAKAN MEDIASI MENDAMAIKAN PASANGAN YANG BERSENGKETA DI KUA SEBERANG ULU II PALEMBANG. Skripsi thesis, Uiversitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502018021_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text
502018021_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] Text
502018021_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] Text
502018021_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
502018021_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
502018021_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
502018021_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)

Abstract

Perkawinan merapakan suatu hal yang penting dalam realita kehidupan umat manusia. Perkawinan adalah salah satu sunnatullah yang umum berlaku pada semua makhluk Tuhan, baik manusia, hewan, maupun tumbuh-tumbuhan. Jadi, perkawinan secara umum bisa dilakukan semua makhluk hidup. Permasalahan yang perlu dibahas dalam skripsi ini: 1) Bagaimana pelaksanaan mediasi melalui BP4 dalam mencegah terjadinya perceraian di KUA Seberang Ulu II Palembang. 2) Apakah hambatan BP4 dalam pelaksanaan mediasi mendamaikan pasangan yang bersengketa di KUA Seberang Ulu II Palembang. Jenis penelitian adalah penelitian sosiologis atau empiris yang bersifat deskriptif atau yuridis empiris. Pengolahan data dilakukan dengan cara mengolah dan menganalisis data yang telah dikumpulkan, lalu secara kualitatif, untuk selanjutnya ditarik suatu kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Efektifitas mediasi melalui BP4 dalam mencegah terjadinya perceraian sudah sangat baik dengan melihat angka perdamaian yang sudah dicapai oleh BP4 dalam mendamaikan pasangan yang bermasalah dengan melalui beberapa tahapan-tahapan yang dilakukan oleh BP4 diantaranya: pemanggilan para pihak yang mengalami permasalahan, dan pemberian nasihat kepada pasangan yang bermasalah agar pasangan tersebut dapat bersatu kembali dan dapat menghindari percekcokan yang mungkin muncul dikemudian hari dengan menghapuskan trauma-trauma masa lalu yang meyakitkan, dan dapat membuka lembaran baru untuk hidup yang lebih harmonis dan 2) Kurangnya eksistensi dan penyuluhan kepada masyarakat tentang lembaga yang bisa memberikan pelayanan mediasi terhadap pasangan yang mempunyai masalah dalam rumah tangganya sebelum mengajukan gugatan ke KUA Seberang Ulu II Palembang yaitu BP4. Hal ini juga dikarenakan dalam manajemen financial, BP4 masih belum ada anggaran tetap dari APBN. sehingga ini menjadi kendala bagi BP4 untuk memberdayakan para mediator juga lembaganya sehingga dalam menyosialisasikan keberadaan dan perannya sering terbentur dengan masalah financial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Hendri S, SH., M.Hum 2. Mona Wulandari, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Manusia, Perkawinan, Perceraian, Mediasi, Badan Penasehat Perkawinan, Persel isihan dan Perceraian (BP4).
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 18 Apr 2022 04:25
Last Modified: 18 Apr 2022 04:25
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20417

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.