TINJAUAN YURIDIS PERJANJIAN JUAL BELI RUMAH DENGAN FORMAT PERJANJIAN BAKU PADA PT SAKTI PRIMA JAKABARING PALEMBANG

M. ARGA REOVALDI, NIM. 502018070 (2022) TINJAUAN YURIDIS PERJANJIAN JUAL BELI RUMAH DENGAN FORMAT PERJANJIAN BAKU PADA PT SAKTI PRIMA JAKABARING PALEMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502018070_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502018070_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (755kB)
[img] Text
502018070_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (755kB)
[img] Text
502018070_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (755kB)
[img] Text
502018070_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text
502018070_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
502018070_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK TINJAUAN YURIDIS PERJANJIAN JUAL BELI RUMAH DENGAN FORMAT PERJANJIAN BAKU PADA PT. SAKTI PRIMA JAKABARING PALEMBANG Oleh M. Arga Reovaldi 502018070 Perjanjian adalah suatu peristiwa di mana seorang berjanji ke pada seorang lain atau di mana dua orang itu saling berjanji untuk melaksanakan sesuatu. Salah satu asas hukum yang dianut dalam hukum perjanjian adalah “asas kebebasan berkontrak”, yang berarti setiap orang bebas untuk mengadakan suatu perjanjian yang memuat syarat-syarat perjanjian macam apapun, sepanjang perjanjian itu dibuat secara sah dan beritikad baik, serta tidak melanggar ketertiban umum dan kesusilaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan mengenai tentang Bagaimana tinjauan yuridis dan Apakah sanksi bila terjadi pelanggaran perjanjian jual beli baku pada format perjanjian baku PT. Sakti Prima Jakbaring Palembang. Metode penelitian hukum empiris/sosiologis yang bersifat deskriptif. Sumber data bahan hukum primer dan hukum sekunder. Hasil penelitian ini adalah Bagaimana tinjauan yuridis perjanjian jual beli baku pada format perjanjian baku PT. Sakti Prima Jakabaring Palembang ada dua kategori yaitu kesepakatan kedua belah pihak mengenai barang dan harga yang ditandai dengan kata sepakat (Jual beli) dan penyerahan (levering) benda yang menjadi obyek perjanjian, dengan tujuan untuk mengalihkan hak milik dari benda tersebut. Dalam format perjanjian baku Sebuah format perjanjian meliputi model, rumusan ataupun ukuran format ini dibakukan yaitu sudah ditentukan modelnya, perumusannya maupun ukurannya sehingga tidak dapat diganti, diubah dibuat dengan cara lain karena sudah tercetak. Model perjanjian dapat berupa naskah. Sanksi bila terjadi pelanggaran terhadap perjanjian jual beli baku PT. Sakti Prima Jakbaring Palembang pihak kedua membayar denda kepada pihak pertama sebesar 20 % dari nilai transaksi dan pengembalian. Pihak pertama akan menyerahkan tanah dan bangunan kepada pihak kedua. Dan jika pihak kedua dan pertama mebatalkan perjanjian, maka pihak pertama mengembalikan uang dp pihak kedua sebasar 50%. Oleh karenanya diharapkan Agar perjanjian jual beli baku pada format perjanjian baku PT. Sakti Prima Jakabaring Palembang sebaiknya pengembang harus bertindak jujur dalam melaksanakan pembangunan rumah tersebut sesuai dengan perjanjian.dan kepada pemerintah ada pengawasan agar pembeli merasa tidak dirugikan. Kata Kunci: Perjanjian, Jual Beli Rumah, Perjanjian Baku

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing Skripsi 1 : Rosmawati, SH., MH. Pembimbing Skripsi 2 : Atika Ismail, SH., MH.
Uncontrolled Keywords: Perjanjian, Jual Beli Rumah, Perjanjian Baku
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 20 Apr 2022 05:09
Last Modified: 20 Apr 2022 05:09
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20373

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.