TINJAUAN YURIDIS PELAKSANAAN SEWA-MENYEWA RUMAH SUSUN SEDERHANA SEWA (RUSUNAWA) KASNARIANSYAH KOTA PALEMBANG

MUHAMMAD SUPRIYATNO, NIM. 502018253 (2022) TINJAUAN YURIDIS PELAKSANAAN SEWA-MENYEWA RUMAH SUSUN SEDERHANA SEWA (RUSUNAWA) KASNARIANSYAH KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
502018253_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
502018253_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
502018253_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
502018253_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] Text
502018253_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
502018253_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
502018253_COVER SAMPAI LAMPIRAN - Copy (6).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK TINJAUAN YURIDIS PELAKSANAAN SEWA-MENYEWA RUMAH SUSUN SEDERHANA SEWA (RUSUNAWA) KASNARIANSYAH KOTA PALEMBANG Oleh Muhammad Supriyatno 502018253 Rumah sebagai tempat tinggal dan sebagai sarana melangsungkan kehidupannya berbentuk bangunan gedung yang berfungsi tempat huni yang layak, sarana pembinaan keluarga, cerminan harkat dan martabat penghuninya serta aset bagi penghuninya. Rumah susun adalah bangunan bertingkat untuk dihuni yang satuannya dapat dimiliki secara terpisah. Sebagai bangunan hunian yang dapat dimiliki secara terpisah, penghuni rumah susun mempunyai batasan–batasan dalam memanfaatkan ruang dan benda yang terdapat dalam rumah susun. Menurut ketentuan di dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2011 Tentang Rumah Susun, rumah susun dibagi ke dalam beberapa jenis, antara lain Rumah Susun Sederhana Sewa yang selanjutnya disebut RUSUNAWA dan Rumah Susun Sederhana Milik atau yang disebut RUSUNAMI. RUSUNAWA menurut ketentuan dalam Undang- Undang Rumah Susun dibangun di atas tanah negara. Sedangkan RUSUNAMI dibangun di atas tanah negara dan atau tanah milik serta pelaksanaan pembangunannya dilakukan oleh pemerintah dan atau swasta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian library research atau penelitian kepustakaan. Yang dilaksanakan dengan menggunakan literatur kepustakaan, bahan-bahan hukum, baik berupa buku, catatan, maupun laporan hasil penelitian terdahulu, serta Undang-Undang dan regulasi terkait hukum tentang rumah susun sederhana sewa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk dan syarat sewa terhadap rumah susun sederhana sewa (RUSUNAWA) dan memahami akibat hukum apabila terjadi wanprestasi dalam perjanjian sewa-menyewa rumah susun sederhana sewa (RUSUNAWA) Kasnariansah di Kota Palembang. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan sewa-menyewa rumah susun di Kota Palembang secara umum berpedoman pada tata tertib Rusunawa yang di dalamnya memuat semua hak dan kewajiban bagi para pihak serta peraturan atau larangan, khususnya bagi penghuni Rusunawa. Kata kunci: Sewa-menyewa, RUSUNAWA, dan Rumah Sewa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Helwan Kasra, SH., M. Hum 2.Hj. Kurniati, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Sewa-menyewa, RUSUNAWA, dan Rumah Sewa.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 13 Apr 2022 05:06
Last Modified: 13 Apr 2022 05:06
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20354

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.