PERAN ORANG TUA DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI IBADAH PADA ANAK USIA REMAJA DI DESA SUKA DARMA KECAMATAN JEJAWI KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

ERWIN JOHANSYA, NIM. 622018001 (2022) PERAN ORANG TUA DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI IBADAH PADA ANAK USIA REMAJA DI DESA SUKA DARMA KECAMATAN JEJAWI KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
622018001__BAB I_DAFTAR PUSTAKA. PDF.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622018001_BAB II. PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img] Text
622018001_BAB III. PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
622018001_BAB IV. PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
622018001_BAB V. PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
622018001_DAFTAR PUSTAKA. PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] Text
622018001__LAMPIRAN. PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
622018001__Cover_sampai_Lampiran. PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Peran Orang Tua Dalam Penanaman Nilai-nilai Ibadah Pada Anak Usia Remaja Di Desa Suka Darma Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir” ini di tulis oleh Erwin Johansya NIM: 622018001, sebagai pembimbing skripsi I adalah Dr. Rulitawati, S. Ag., M. Pd.I dan pembimbing II adalah Muhammad Zainuddin Nawi, Lc., MA. Pada Tahun 2022. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam penanaman nilai-nilai ibadah sholat pada anak usia remaja, peran orang tua bagaimana menanamkan nilia-nili ibadah membaca Al- qur’an pada anak usia remaja, faktor-faktor apa yang menjadi pendukung dan penghambat bagi orang tua dalam menanamkan nilai-nilai ibadah pada anak usia remaja, bagaiamana upaya yang di berikan orang tua dalam menanamkan nilai-nilai ibadah pada anak usia remaja di desa suka darma kecamatan jejawi kabupaten ogan komering ilir. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek dari penelitian ini adalah orang tua , anak dan tokoh masyarakat. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; Pertama, Peran orang tua dalam menanamkan nilai nilai Ibadah pada anak usia remaja di Desa Suka Darma Kecamatan Jejawi Kabupaten OKI sudah sangat baik. Terbukti di antarannya orang tua memberikan pengawasan kepada anak agar disiplin mengerjakan sholat, memberikan motivasi kepada anak agar anak mau mengerjakan sholat, mengarahkan anak agar selalu dijalan yang benar dengan cara melaksanakan perintah Allah SWT. Kedua Peran orang tua dalam menanamkan nilai-nilai Ibadah membaca Al- Qur’an pada anak di Desa Suka Darma Kecamatan Jejawi Kabupaten OKI sudah cukup baik, diantaranya orang tua memberikan motivasi kepada anak agar anak mau membaca Al-Qur’an, memberikan pengawasan kepada anak agar selalu membaca Al-Qur’an, memberikan pembiasaan kepada anak dengan melakukan rutinitas membaca Al-Qur’an selesai sholat, membimbing anak dengan mengoreksi setiap ayat yang dibacanya. Ketiga, Faktor pendukung terdiri dari dua keadaan yaitu Internalnya yang meliputi : Keluarga dan Pendidikan, kemudia ekternalnya yang meliputi Lingkungan dan ekonomi sedangkan faktor penghambatnya juga sama yaitu Internalnya yang meliputi : Keluarga dan Pendidikan, kemudian ekternalnya yang meliputi Lingkungan dan ekonomi. Kempat, Upaya yang dilakukan orang tua dalam mengatasi kendala dalam menanamkan nilai-nilai ibadah kepada anak di uisa remaja, diantaranya: memberikan motivasi kepada anak, memberikan nasehat kepada anak, memberikan pujian kepada anak, memberikan hukuman yang mendidik, dan memarahi anak tapi tidak dengan kekerasan. Kata Kunci : Peran Orang Tua, Nilai-nilai Ibadah, dan Anak Remaja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Rulitawati, S. Ag., M.Pd.I 2. Muhammad Zainuddin Nawi. Lc., MA.
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Nilai-nilai Ibadah, dan Anak Remaja.
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 12 Apr 2022 05:43
Last Modified: 12 Apr 2022 05:43
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20325

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.