PRAKTIK PERJANJIAN SEWA MENYEWA LAHAN PERSAWAHAN DI DESA TELANG JAYA KECAMATAN MUARA TELANG KABUPATEN BANYUASIN

HERWIN, NIM. 502018037 (2022) PRAKTIK PERJANJIAN SEWA MENYEWA LAHAN PERSAWAHAN DI DESA TELANG JAYA KECAMATAN MUARA TELANG KABUPATEN BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502018037_BAB I_SAMPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502018037 _BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
502018037 _BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] Text
502018037_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
502018037_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
502018037_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
502018037_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PRAKTIK PERJANJIAN SEWA MENYEWA LAHAN PERSAWAHAN DI DESA TELANG JAYA KECAMATAN MUARA TELANG KABUPATEN BANYUASIN Oleh: Herwin Tanah mempunyai kedudukan sangat penting dalam kehidupan manusia, oleh karena sebagian besar kehidupan manusia tergantung pada tanah. Tanah dapat dinilai sebagai suatu harta yang mempunyai sifat permanen dan dapat dicadangkan untuk kehidupan pada masa yang akan datang, baik sebagai tempat tinggal, tempat untuk usaha ataupun tempat bercocok tanam, dan lain sebagainya. Selaras dengan pembahasan permasalahan, maka jenis penelitian ini tergolong penelitian hukum empiris, yang bersifat deskriptif dengan menggambarkan praktek perjanjian sewa menyewa lahan persawahan di Desa Telang Jaya Kecamatan Muara Telang dan hak dan kewajiban para pihak dalam perjanjian sewa menyewa lahan persawahan di Desa Telang Jaya Kecamatan Muara Telang, sehingga tidak menguji hipotesa Tanah sebagai sumber daya alam merupakan karunia Tuhan Yang Maha Esa kepada bangsa Indonesia. Oleh karena itu sudah sewajarnya apabila kita mengelola tanah dengan sebaik-baiknya agar pemanfaatannya dapat memberikan kemakmuran rakyat sebagaimana dalam Pasal 33 ayat (3) Undang-Undang Dasar 1945. Jumlah luas tanah yang dapat dikuasai oleh manusia terbatas sekali, sedangkan jumlah manusia yang berhajat terhadap tanah senantiasa bertambah. Selain bertambahnya jumlah manusia yang memerlukan tanah untuk tempat tinggal, juga kemajuan dan perkembangan ekonomi, sosial, budaya dan teknologi menghendaki pula tersedianya tanah yang banyak, umpamanya untuk perkebunan, persawahan, peternakan, pabrik-pabrik, tempat hiburan dan jalan untuk sarana perhubungan. Oleh karena itu, bertambah lama dirasakan seolah-olah tanah menjadi sempit, sedangkan permintaan selalu bertambah. Maka itu tidak heran kalau nilai tanah jadi meningkat tinggi, tidak seimbangnya antara persediaan tanah dengan kebutuhan akan tanah itu telah menimbulkan berbagai persoalan yang banyak seginya. Kata Kunci: Praktik, Perjanjian, dan Sewa Menyewa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1.H.ABDUL HAMID USMAN,SH.,M.Hum 2.Hj.SITI MARDIYANTI,SH.,MH
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Praktik, Perjanjian, dan Sewa Menyewa.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 11 Apr 2022 01:09
Last Modified: 11 Apr 2022 01:09
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20264

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.