PENEGAKAN HUKUM TERHADAP KASUS PENGANIAYAAN PERAWAT DI RS. SILOAM SRIWIJAYA PALEMBANG

AGUNG KURNIAWAN, NIM. 502018375 (2022) PENEGAKAN HUKUM TERHADAP KASUS PENGANIAYAAN PERAWAT DI RS. SILOAM SRIWIJAYA PALEMBANG. Skripsi thesis, Uiversitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502018375_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text
502018375_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] Text
502018375_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
502018375_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
502018375_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
502018375_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
502018375_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)

Abstract

Perawat merupakan aspek penting dalam pembangunan kesehatan. Perawat merupakan salah satu tenaga kesehatan, bahkan dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan tenaga perawat merupakan tenaga kesehatan yang terbesar yang dalam kesehariannya selalu berhubungan langsung dengan pasien dan tenaga kesehatan lainnya.Adapun permasalahan dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimanakah kronologi penganiayaan perawat di RS. Siloam Sriwijaya Palembang? dan 2) Bagaimanakah penegakan hukum yang dilakukan RS. Siloam Sriwijaya Palembang atas penganiayaan yang terjadi pada perawatnya? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum empiris, yang bersifat normatif yang mana penelitian ini menerapkan metode kepustakaan yang datanya lebih banyak didapat melalui buku- buku, perundang-undangan dan internet. Berdasarkan hasil penelitian terhadap permasalahan maka dapat disimpulkan bahwa: Kronologi Penganiayaan Perawat di RS. Siloam Sriwijaya Palembang Penganiayaan yang terjadi pada hari Kamis (15/4/2021) di ruang IPD 6 kamar 6026 RS. Siloam Sriwijaya Palembang dilakukan JT, ayah pasien anak yang dirawat oleh korban. Pelaku diduga emosi karena terdapat darah saat korban mencabut selang infus dari tangan anaknya. Aksi kekerasan pun dilakukan JT ke korban, di depan petugas RS. Siloam Sriiwjaya Palembang. Saat menganiaya dan menghardik korban dan rekannya, pelaku sempat mengaku sebagai anggota polisi. Korban yang mengalami penganiayaan, akhirnya melaporkan peristiwa yang dialaminya ke SPKT Polrestabes Palembang. Sedangkan Penegakan Hukum yang Dilakukan RS. Siloam Sriwijaya Palembang atas Penganiayaan yang terjadi pada Perawatnya, terhadap pelaku penganiayaan pihak Siloam Hosptals telah menyerahkan kasus ini kepada pihak kepolisian untuk mengusut tuntas kejadian kekerasan yang menimpa perawat kami serta menindak pelaku kekerasan kepada perawat kami dengan tegas sesuai hukum yang berlaku. Sedangkan terhadap perawat selaku korban pihak RS Siloam telah mendapatkan perawatan karena pasca kejadian, korban mengalami luka fisik dan psikis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Mulyadi Tanzili, SH., MH 2. Atika Ismail, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Penegakan Hukum, Penganiayaan, dan Perawat.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 09 Apr 2022 04:45
Last Modified: 09 Apr 2022 04:45
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20244

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.