PRODUKTIVITAS PENGELOLAAN DANA INFAQ UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASJID JAMI’ KECAMATAN GANDUS KOTA PALEMBANG DALAM TINJAUAN EKONOMI ISLAM

RISKA NOVIANI, NIM. 642018014 (2022) PRODUKTIVITAS PENGELOLAAN DANA INFAQ UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASJID JAMI’ KECAMATAN GANDUS KOTA PALEMBANG DALAM TINJAUAN EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
642018014_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (947kB)
[img] Text
642018014_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)
[img] Text
642018014_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)
[img] Text
642018014_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)
[img] Text
642018014_ BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
642018014_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
642018014_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
642018014_FULL TEKS SKRIPSI RISKA NOVIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Riska Noviani, 642018014, Produktivitas Pengelolaan Dana Infaq untuk Meningkatkan Perekonomian Masjid Jami’ Kecamatan Gandus Kota Palembang dalam Tinjauan Ekonomi Islam. Masjid Jami’ mempunyai kegiatan Pengelolaan Produktivitas infak, yaitu pengelolaan dana infak, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat miskin, yang ada di sekitar Masjid dan pada umumnya Kelurahan Gandus. Dengan adanya Pengelolaan produktif infak di Masjid Jami’ bisa mengatasi perekonomian masyarakat miskin. Dalam Islam membantu seseorang dalam kesulitan memang dianjurkan dalam agama Islam. Latar belakang penulis mengambil judul ini karena ingin mengetahui bagaimana Pengelolaan Produktivitas infak di Masjid Jami’ Kelurahan Gandus Kecamatan Gandus Kota Palembang serta bagaimana dalam tinjauan ekonomi Islam. Subjek dari penelitian ini adalah pengurus dan donator-donatur tetap Masjid Raya Baitul Ihsan Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar. Penelitian ini bersifat penelitian lapangan yang berlokasi di Masjid Jami’ Keluarahan Gandus Kecamatan Gandus Kota Palembang. Sementara itu dalam mendapatkan data di lapangan penulis lakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumen, yang kemudian penulis analisis kualitatif, dengan metode kualitatif, dengan metode induktif, deduktif dan deskriptif. Temuan Penelitian tentang proses Pengelolan Produktivitas Infak di Masjid Jami’ dikelola secara sederhana dan belum memenuhi standar yang ditetapkan. Dalam tinjauan ekonomi Islam, pengelolaan produktivitas Infak di Masjid Jami’ yang dilakukan oleh masyarakat sebagai pengelola sesuai dengan syari’at Islam baik dalam melakukan pengelolan produktivitas infak dan juga peningkatan mutu agar sesuai dengan standar yang di tetapkan oleh Pengurus Harian Masjid Jami’. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, bahwa pengelolaan produktivitas infak di Masjid Jami’ Keluarahan Gandus Kecamatan Gandus Kota Palembang dalam meningkatkan perekonomian masyarakat miskin memiliki landasan moral, amanah, tanggung jawab, dukungan, pelaksanaan, manajemen, pengembangan dan agama sebagai landasannya. Dengan sistem tersebut dapat melaksanakan Pengelolaan Produktivitas di Masjid Jami’ Keluarahan Gandus Kecamatan Gandus Kota Palembang Kampar dengan baik. Kata Kunci: Produktivitas, Pengelolaan Dana, Infak, Meningkatkan Perekonomian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Drs. Hoirul Amri, M.E.Sy 2. Hendri Nur Alam, S.E., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Produktivitas, Pengelolaan Dana, Infak, Meningkatkan Perekonomian.
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 11 Apr 2022 01:24
Last Modified: 11 Apr 2022 01:24
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20224

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.