PENERAPAN SISTEM BAGI HASIL TERHADAP PENDAPATAN PEMILIK DAN PENGGARAP KARET MENURUT EKONOMI ISLAM DI DESA SUKADARMA KECAMATAN JEJAWI KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Mamum Ajaib, NIM. 642018016 (2022) PENERAPAN SISTEM BAGI HASIL TERHADAP PENDAPATAN PEMILIK DAN PENGGARAP KARET MENURUT EKONOMI ISLAM DI DESA SUKADARMA KECAMATAN JEJAWI KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
642018016_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
642018016_BAB II.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text
642018016_BAB III.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text
642018016_BAB IV.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text
642018016_BAB V.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text
642018016_DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text
642018016_LAMPIRAN.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
642018016_Cover_sampai_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Mamum Ajaib, 64 2018 016, Penerapan Sistem Bagi Hasil Terhadap Pendapatan Pemilik dan Penggarap Karet Menurut Ekonomi Syari`ah di Desa Sukadarma kecamatan Jejawi kabupaten Ogan Komerin Ilir. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan sistem bagi hasil terhadap pendapatan pemilik dan penggarap karet menurut ekonomi islam di desa Sukadarma kecamatan Jejawi kabupaten Ogan Komering Ilir. (2) Bagaimana tinjauan ekonomi islam terhadap penerapan sistem bagi hasil pendapatan pemilik dan penggarap karet menurut islam di desa Sukadarma kecamatan Jejawi kabupaten Ogan Komering Ilir. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahuni penerapan sistem bagin hasil terhadap pendapatan pemilik dan penggarap karet Menurut ekonomi islam di Desa Sukadarma kecamata Jejawi kabupaten Ogan Komering Ilir dan tinjauan Ekonomi islam terhadap penerapan sistem bagi hasil terhadap pendapatan dan penggarap kebun karet di Desa Sukadarma kecamatan Jejawi Kabuapaten Ogan Komering Ilir. Penelitian ini merupakan jenis data penelitian kualitatif yaitu menggambarkan, menguraikan atau menjelaskan seluruh permasalahan yang ada dengan tegas dan jelas. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah pemilik dan penggarap karet yang berjumlah 10 orang dengan mangambil latar di desa Sukadarma. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukn bahwa, Praktik bagi hasil kebun karet di desa Sukadarma adalah bagi hasil musaqah.Dalam Q.S. Al-Maidah ayat 1 secara jelas berisi perintah bagi orang-orang yang beriman hendaklah kamu untuk penuhi akad-akad perjanjian itu.Cara pembagian hasil yang dilakukan sesuai dengan syariat Islam. Cara bagi hasilnya adalah 1/2, 2/3,1/3 dan ada juga bagi batang. Tinjauan ekonomi islam terhadap penerapan sistem bagi hasil terhadap pendapatan pemilik dan penggarap karet yaitu telah memenuhi rukun dan syarat musaqah sehingga aqad tersebut menjadi sah dan dengan adanya sistem bagi hasil ekonomi islam agar terhindar riba dan maanfaatnya juga untuk memotivasi menjadi lebih baik lagi yang sesuai dengan ajaran islam. Kata kunci: Penerapan,Bagi Hasil, Pendapatan, Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Rijalush Shalihin, S.E.I.,M.H.I 2. Rina Dwi wulandari, SE., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Penerapan,Bagi Hasil, Pendapatan, Ekonomi Islam.
Subjects: Ekonomi Syariah > Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 11 Apr 2022 01:32
Last Modified: 11 Apr 2022 01:32
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20202

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.