Perlindungan hukum terhadap anak korban eksploitasi sebagai gelandang dan pengemis di kota palembang

Tarisa Anggella, NIM 502018073 (2022) Perlindungan hukum terhadap anak korban eksploitasi sebagai gelandang dan pengemis di kota palembang. Skripsi thesis, Universitas muhammadiyah palembang.

[img]
Preview
Text
50 2018 073_BAB I_SAMPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
50 2018 073_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] Text
50 2018 073 _BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] Text
50 2018 073_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
50 2018 073_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img] Text
50 2018 073_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
50 2018 073_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Eksploitasi anak merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan keuntungan dengan cara mempekerjakan anak secara paksa demi keuntungan diri sendiri tanpa memikirkan mental dan fisik anak, eksploitasi anak dimuat dalam undang-undang no. 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak. Permasalahan yang penulis teliti adalah "bagaimana perlindungan hukum terhadap anak korban eksploitasi sebagai gelandang dan pengemis di kota Palembang dan bagaimana penegakan hukum terhadap pelaku eksploitasi anak sebagai gelandang dan pengemis di kota Palembang" Penelitian ini pertujuan untuk mengetahui profil peraturan hukum tentang tindak pidana eksploitasi anak, untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap anak yang menjadi korban eksploitasi dan penegakan hukum terhadap pelaku yang mengeksploitasi anak, serta mengetahui kendala-kendala dalam menegakkan hukum dalam tindak pidana eksploitasi anak. Metode pendekatan yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah yuridis empiris. Jenis penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis pendekatan empiris. Lokasi penelitian di wilayah hukum polrestabes Palembang di unit PPA (perlindungan perempuan dan anak) menggunakan sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik kepustakaan dan studi lapangan dengan cara wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa macam-macam tindak pidana eksploitasi anak di kota Palembang secara garis besar dapat digolongkan sebagai tindak pidana eksploitasi ekonomi. Kendala-kendala penegakan hukum terhadap tindak pidana eksploitasi anak di pengaruhi oleh faktor yang berasal dari pihak pelaku, pihak korban dan pihak aparat penegak hukum. Penegakan hukum dalam kasus tindak pidana eksploitasi anak dilakukan secara tegas kepada pelaku dalam kasus eksploitasi anak secara ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Nur Husni Emilson, S.H.,M.H 2. Hj. Yonani Hasyim, S.H.,M.H
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : perlindungan hukum, penegakan hukum, pelaku, eksploitasi anak
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 06 Apr 2022 01:51
Last Modified: 06 Apr 2022 01:51
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20145

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.