PERAN ORANG TUA DALAM MEMBINA IBADAH SHOLAT ANAK DI DESA PENYANDINGAN KECAMATAN TULUNG SELAPAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

WELLY KURNIAWAN, NIM. 622018012 (2022) PERAN ORANG TUA DALAM MEMBINA IBADAH SHOLAT ANAK DI DESA PENYANDINGAN KECAMATAN TULUNG SELAPAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
622018012_BAB I_Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
622018012_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
622018012_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
622018012_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
622018012_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
622018012_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
622018012_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
622018012_Cover_sampai_lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Peran Orang Tua Dalam Membina Ibadah Anak di Desa Penyandingan Kecamatan Tulung Selapan” ini ditulis oleh Welly Kurniawan NIM : 622018012, sebagai pembimbing skripsi I adalah Dr. Ani Aryati, S.Ag., M.Pd.I dan pembimbing skripsi II adalah Dr. Sayid Habiburrahman, M.Pd.I pada tahun 2021 Rumusan masalah penilian ini, sebagai berikut pertama, Bagaimana ibadah sholat anak di Desa Penyandingan?. Kedua, Bagaimana peran orang tua dalam membina ibadah sholat anak di Desa Penyandingan?. Ketiga¸ Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat orang tua dalam membina ibadah sholat anak di Desa Penyandingan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ibadah sholat anak, peran orang tua dalam membina ibadah sholat anak, dan faktor penghambat dan pendukung orang tua dalam membina ibadah sholat anak di Desa Penyandingan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sumber data dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Pembinaan ibadah sholat terhadap anak merupakan suatu perintah agama yang wajib dilakukan oleh setiap orang tua. Peran orang tua sangat penting dalam kemajuan ibadah sholat dan cara orang tua dalam membimbing anaknya. Memberikan perhatian kepada anak berarti menumbuhkan kewibaan pada orang tua dan kewibawaan akan menimbulkan sikap kepenurutan yang wajar pada anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; pertama, Ibadah sholat anak di Desa Penyandingan masih kurang baik. Terbukti masih banyak anak-anak yang sibuk bermain ketika adzan telah dikumandangkan, sedangkan untuk bacaan dan gerakan sholat hanya sebagian anak-anak yang sangat lancar dan baik. Kedua, Peran orang tua dalam membina ibadah sholat anak di Desa Penyandingan sudah cukup baik. Terbukti sebagian orang tua peduli akan ibadah sholat anaknya, ini terlihat dari cara para orang tua dalam membina ibadah sholat anaknya yaitu dengan mencontohkan anaknya untuk membiasakan ibadah sholat, memotivasi, mengajarkan dengan berbagai media dan mengajak anak ke masjid untuk membiasakan anaknya sholat di masjid. Ketiga, faktor penghambat orang tua dalam membina yaitu meliputi : Smartphone, Lingkungan dan Keluarga. Keempat, faktor pendukung dalam membina yaitu meliputi : Sarana dan Prasarana, Lingkungan, dan Keluarga. Kata Kunci : Peran Orang Tua, Membina, dan Ibadah Sholat Anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Ani Aryanti, S.Ag., M.Pd.I 2. Dr. Sayid Habiburrahman, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Peran Orang Tua, Membina, dan Ibadah Sholat Anak.
Subjects: Syariah > Ibadah > Salat
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 07 Apr 2022 03:16
Last Modified: 07 Apr 2022 03:16
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20117

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.