ASAS KEBEBASAN BERKONTRAK DALAM PERJANJIAN BAKU (STANDAR) DAN AKIBAT HUKUMNYA BILA KONTRAK PERJANJIAN BAKU BERTENTANGAN DENGAN RASA KEADILAN

M. ILAL SAPUTRA, NIM. 502018382 (2022) ASAS KEBEBASAN BERKONTRAK DALAM PERJANJIAN BAKU (STANDAR) DAN AKIBAT HUKUMNYA BILA KONTRAK PERJANJIAN BAKU BERTENTANGAN DENGAN RASA KEADILAN. Skripsi thesis, Uiversitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502018382_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502018382_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] Text
502018382_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
502018382_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
502018382_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
502018382_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
502018382_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pada dasarnya kontrak berawal dari perbedaan atau ketidaksamaan kepentingan di antara para pihak. Perumusan hubungan kontraktual tersebut pada umumnya senantiasa diawali dengan proses negoisasi para pihak berupaya menciptakan bentuk-bentuk kesepkatan untuk saling mempertemukan sesuatu yang diinginkan (kepentingan) melalui proses tawar menawar. Pendek kata, pada umumnya kontrak bisnis justru berawal dari perbedaan kepentingan yang dicoba dipertemukan melalui kontrak. Melalui kontrak perbedaan tersebut diakomodasi dan selanjutnya dibingkai dengan perangkat hukum sehingga mengikat para pihak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan secara mendalam mengenai asas kebebasan berkontrak dalam perjanjian baku (standar) ditinjau dari rasa keadilan dan akibat hukum bila kontrak perjanjian baku (standar) bertentangan dengan rasa keadilan. penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat deskriptif yang diambil menggunakan data sekunder yang diperoleh melalui penelitian kepustakaan (library reseacrh) yang bersumber dari bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa asas kebebasan berkontrak dalam perjanjian baku (standar) ditinjau dari rasa keadilan merupakan penyeimbang agar dalam kontrak adanya posisi tawar dari para pihak sehingga terwujudnya keadilan yang dirasakan para pihak yang melakukan perjanjian. Dan akibat hukum bila kontrak perjanjian baku (standar) bertentangan dengan rasa keadilan idealnya batal demi hukum, karena bertentangan salah satu tujuan hukum yaitu mencari keadilan artinya, memberikan kepada setiap orang, apa yang menjadi haknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. M. Soleh Idrus, SH., MS 2. Hj. Kurniati, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Asas Kebebasan Berkontrak, Perjanjian Baku, Keadilan
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 04 Apr 2022 02:04
Last Modified: 04 Apr 2022 02:04
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20053

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.