MEKANISME LELANG BARANG SITAAN DI KEJAKSAAN NEGERI PRABUMULIH

AGUNG RIZKY PERMANA, NIM. 502018441P (2022) MEKANISME LELANG BARANG SITAAN DI KEJAKSAAN NEGERI PRABUMULIH. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502018441P_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502018441P_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] Text
502018441P_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
502018441P_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
502018441P_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
502018441P_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
502018441P_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK MEKANISME JUAL BELI BARANG LELANG DI KEJAKSAAN NEGERI PRABUMULIH Oleh: AGUNG RIZKY PERMANA 502018441P Mekanisme jual beli barang lelang sangat jarang diketahui oleh masyarakat umum. Jual beli secara umum adalah suatu perjanjian, dengan perjanjian itu kedua belah pihak mengatakan dirinya untuk menyerahkan hak milik atas suatu barang dan pihak lain membayar harga yang telah dijanjikan. Perdagangan atau jual beli dapat dilakukan dengan langsung atau dapat pula dilakukan dengan lelang. Lelang adalah sebagai suatu perjanjian jual beli, maka ketentuan jual beli sebagaimana diatur dalam BW juga berlaku dalam lelang. Tujuan penulisan ini, yaitu untuk memudahkan masyarakat untuk mengikuti proses jual beli barang lelang di Kejaksaan Negeri Prabumulih. Dalam penyusunan penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian hukum yang dipandang dari sudut tujuan penelitian hukum yaitu penelitian yang bersifat empiris sosiologis yang didukungkan dengan data normatif. Dalam penyusunan skripsi ini, penulis juga mengacu pada Permenkeu No 13/PMK.06/2018. Hak dan kewajiban yaitu apabila barang terdapat kerusakan menjadi tanggung jawab sepenuhnya pembeli lelang, Segela biaya yang timbul akibat transaksi perbankan menjadi tanggung jawab peserta lelang, dan tidak boleh mengurangi besaran uang jaminan, Pemenang lelang dapat mengambil objek lelang dengan menunjukan asli kwitasi lelang dari KPKNL Palembang. Apabila pemenang lelang belum mengambil objek lelang tersebut, maka panitia lelang tidak bertanggung jawab lagi terhadap objek lelang dalam bentuk apapun, Kebenaran dokumen formil, materil objek lelang, nilai limit lelang, poto, dan penyerahan objek lelang kepada pemenang Jadi disimpulkan bahwa mekanisme di Kejaksaan Negeri Prabumulih melakukan persiapan lelang dengan menginventaris dan meminta nilai limit sebagai harga minimal barang sitaan sesuai dengan pasal 17 angka 1 penetapan nilai limit, dengan dibantu oleh Dinas Perhubungan dan Dinas Perdagangan kota Prabumulih. Kejaksaan Negeri Prabumulih mengajukan permohonan kepada KPKNL Palembang untuk dilaksanakan lelang. Dikarenakan lelang ini di adakan secara online oleh pihak KPKNL secara terbuka. Kata kunci: Lelang, Jual Beli

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr.Nur Husni Emilson,SH.,Sp.N.,MH 2. Mona Wulandari,SH.,MH
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Lelang, Jual Beli
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 30 Mar 2022 06:24
Last Modified: 30 Mar 2022 06:24
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19944

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.