EFEKTIVITAS PERJANJIAN PRA NIKAH (PRENUPTIAL AGREEMENT) APABILA TERJADI PERCERAIAN STUDI DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN ALANG-ALANG LEBAR)

HAIRUNNISA MAHARANI, NIM. 502018209 (2022) EFEKTIVITAS PERJANJIAN PRA NIKAH (PRENUPTIAL AGREEMENT) APABILA TERJADI PERCERAIAN STUDI DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN ALANG-ALANG LEBAR). Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502018209_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (765kB) | Preview
[img] Text
502018209_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (765kB)
[img] Text
502018209_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB)
[img] Text
502018209_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (765kB)
[img] Text
502018209_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (765kB)
[img] Text
502018209_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
502018209_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK EFEKTIVITAS PERJANJIAN PRA NIKAH (PRENUPTIAL AGREEMENT) APABILA TERJADI PERCERAIAN (Studi di Kantor Urusan agama Kecamatan Alang-Alang Lebar) Hairunnisa Maharani Perkawinan merupakan ikatan suci lahir batin antara suami dan istri dengan tujuan membentuk keluarga yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Kemudian dengan pertimbangan yang ada diantara suami dan istri maka sebelum mereka melangsungkan perkawinan sepakat membuat perjanjian yang disebut dengan perjanjian pra nikah, perjanjian pra nikah (prenuptial agreement) adalah perjanjian yang dibuat oleh calon pasangan suami dan istri sebelum perkawinan dilangsungkan dan isi perjanjian tersebut mengikat hubungan perkawinan mereka. Banyak pro dan kontra serta pandangan masyarakat terhadap perjanjian ini sehingga penulis memilih menganggakat permasalahan mengenai efektivitas perjanjian pra nikah (prenuptial agreement) apabila terjadi perceraian dan apa yang menjadi hambatan pelaksanaan perjanjian pra nikah tersebut. Metodologi penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian yuridis empiris atau studi lapangan dimana penelitian hukum yang dilakukan dengan menggunakan data sekunder terlebih dahulu lalu kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data dilapangan, dan kemudian sumber data tersebut dikaji dan disusun secara sistematis serta ditarik menjadi kesimpulan yang berhubungan dengan masalah yang penulis teliti Perjanjian Pra Nikah akan efektif apabila masing-masing pihak mematuhi dan melaksanakan isi daripada perjanjian tersebut. Untuk menjadikan perjanjian tersebut semakin efektif adalah dengan terus memperbarui isi nya. Meskipun disamping itu ada beberapa hambatan dalam pelaksanaannya antara lain karena salah satu pihak yang ingkar janji atau wanprestasi terhadap isi perjanjian saat terjadi perceraian, lalu masyarakat yang kurang pemahaman mengenai perjanjian ini, serta ekonomi yang masih rendah untuk membuat dan melaksanakan perjanjian ini. Kata kunci : Efektivitas, Perjanjian pra nikah, Perceraian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing Skripsi 1 : Dra. Hj. Lilies Anisah, SH., MH Pembimbing Skripsi 2 : H. Syairozi, S.H.,M.Hum
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Perjanjian pra nikah, Perceraian
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 28 Mar 2022 07:48
Last Modified: 28 Mar 2022 07:48
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19884

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.