PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (TCL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VIII SMP N 1 KAYUAGUNG

Dewi Sari, NIM. 622017060 (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (TCL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VIII SMP N 1 KAYUAGUNG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622017060_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (824kB) | Preview
[img] Text
622017060_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul: penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (tcl) dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam pada siswa kelas VIII SMP N 1 kayuagung. Penelitian ini di latarbelakangi oleh Rumusan masalah sebagai berikut: Apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (TCL).? Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (TCL).? Apakah dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (TCL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Agama Islam.? Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui Model pembelajaran dan pelaksanaan Model Pembelajaran serta Untuk mengetahui Model Pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII 3 Di SMP N 1 Kayuagung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yaitu peneliti ingin menggambarkan sekaligus menghubungkan antara dua variabel, yaitu variabel model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang di gunakan adalah menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode eksperimen. Pendekatan kuantitatif adalah data peneliti faktor-faktor yang sengaja ditimbulkan oleh peneliti dengan mengurangi atau menyisihkan faktor-faktor yang mengganggu, eksperimen selalu dilakukan dengan maksud untuk melihat sebab akibat suatu perlakuan. Dengan demikian, hasil penelitian yang dilakukan peneliti sudah menggambarkan dari rumusan masalah dan tujuan penelitian menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (TCL) yang menekankan pada proses keterlibatan peserta didik secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari untuk diterapkan pada kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Yuslaini, M.Pd. 2. Drs. Ruskam Sua’idi, M.H.I.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, pembelajaran contextual teaching and learning (TCL)
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 28 Mar 2022 04:26
Last Modified: 28 Mar 2022 04:26
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19844

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.