RINO PRIMA RAMADHANI, NIM. 502018271 (2022) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN ATAS PENJUALAN PRODUK OBRAL TANPA INFORMASI YANG JELAS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
502018271_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
502018271_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
||
Text
502018271_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
||
Text
502018271_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
Text
502018271_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
||
Text
502018271_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
502018271_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Adanya produk yang dijual secara obral, di satu sisi memang menguntungkan kedua belah pihak, yaitu pelaku usaha dan pihak konsumen. Akan tetapi, dengan melekatnya syarat tersembunyi dalam penjualan produk yang dijual secara obral tersebut, jelas sangat merugikan konsumen. Bahkan sebenarnya, dengan hanya dating ke tempat penawaran produk itu, konsumen sudah mengalami kerugian dalam hal waktu, tenaga, pikiran dan biaya transportasi. Untuk mengetahui dan menjelaskan perlindungan hokum bagi konsumen atas penjualan produk obral tanpa informasi yang jelas, dan juga untuk mengetahui dan memahami tanggungjawab pelaku usaha terhadap kerugian konsumen akibat penjualan produk obral Berdasarkan hasil penelitian dipahami perlindungan hukum bagi konsumen atas penjualan produk obral tanpa informasi yang jelas adalah: bahwa konsumen dilindungi berdasarkan pasal 19 sampai dengan pasal 28 Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Dimana Pelaku usaha berkewajiban unruk memberikan penggantian kerugian, baik dalam bentuk pengembalian uang, penggantian produk yang sejenis, perawatan kesehatan dan/atau pemberian santunan Tanggungjawab pelaku usaha terhadap kerugian konsumen akibat penjualan produk obral adala: bahwa pelaku usaha bertanggungjawab atas kerugian konsumen. Hal ini dikarenakan pelaku usaha adalah pihak yang membuat dan/atau menyetujui pembuatan iklan penjualan produk secara obral dengan informasi yang tidak jelas tersebut, dan adanya iklan tersebut menimbulkan kerugian yang harus diderita oleh konsumen. Dengan demikian tampak jelas adanya hubungan kausalitas antara kerugian yang diderita konsumen dan pelaku usaha yang melanggar hukum dalam iklan penjualan produk obral dengan informasi yang tidak jelas
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Dr. Nur Husni Emilson, SH., Sp.N., MH 2. Rusniati, SE., SH., MH |
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan hukum bagi konsumen atas penjualan produk obral |
Subjects: | Ilmu Hukum > Hukum Perdata |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Hukum |
Date Deposited: | 28 Mar 2022 03:45 |
Last Modified: | 28 Mar 2022 03:45 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19835 |
Actions (login required)
View Item |