PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PELAKU YANG MELARIKAN DIRI SAAT DITILANG BERDASARKAN KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PIDANA

RAGIL RAKA SIWI, NIM. 502018438 (2022) PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PELAKU YANG MELARIKAN DIRI SAAT DITILANG BERDASARKAN KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PIDANA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502018438_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (861kB) | Preview
[img] Text
502018438_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)
[img] Text
502018438_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB)
[img] Text
502018438_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB)
[img] Text
502018438_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB)
[img] Text
502018438_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (792kB)
[img] Text
502018438_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PELAKU YANG MELARIKAN DIRI SAAT DITILANG BERDASARKAN KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PIDANA RAGIL RAKA SIWI Yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini adalah sebagai berikut : 1. Apakah faktor penyebab pelaku melarikan diri saat ditilang ? 2. Bagaimana penegakan hukum terhadap pelaku yang melarikan diri saat ditilang berdasarkan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana ? Selaras dengan tujuan yang bermaksud untuk mengetahui faktor penyebab pelaku melarikan diri saat ditilang dan penegakan hukum terhadap pelaku yang melarikan diri saat ditilang berdasarkan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana, maka jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normative yang bersifat deskriptif (menggambarkan), oleh karenanya tidak bermaksud untuk menguji hipotesa. Teknik penggumpulan data dititikberatkan kepada penelitian kepustakaan dengan cara mengkaji bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menerapkan cara analisis isi (Content Analisys) untuk selanjutnya dikontruksikan ke dalam suatu kesimpulan. Berdasarkan hasil pembahasan yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : 1. Adapun faktor-faktor penyebab pengemudi melarikan diri saat penilangan adalah adanya rasa ketakutan terlebih dahulu, surat-surat kendaraan tidak lengkap, Pengendara kendaraan bermotor yang tak dipasangi Tanda Nomor Kendaraan, Pengendara sepeda motor yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan seperti spion, lampu utama, lampu rem, klakson, pengukur kecepatan, dan knalpot pengendara atau penumpang sepeda motor yang tak mengenakan helm standar nasional, Membawa barang yang dilarang (Narkotika, Senjata dll), serta Kendaraan merupakan hasil pencurian. 2. Penegakan hukum terhadap pelaku yang melarikan diri saat ditilang berupa sanksi hukum. Adapun sanksi hukum tersebut terdapat dalam Pasal 216 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana, yaitu diancam dengan pidana penjara paling lama empat bulan dua minggu atau pidana denda paling banyak sembilan ribu rupiah. Kata Kunci : Sanksi hukum terhadap pelanggaran lalu lintas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing Skripsi 1 : Luil Maknun, SH., MH. Pembimbing Skripsi 2 : Mona Wulandari, SH., MH.
Uncontrolled Keywords: Sanksi hukum terhadap pelanggaran lalu lintas
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 30 Mar 2022 06:44
Last Modified: 30 Mar 2022 06:44
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19829

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.