SISTEM PERJANJIAN JUAL BELI AGEN SAYUR DI PASAR INDUK JAKABARING KOTA PALEMBANG DENGAN PEMASOK SAYUR DI KOTA PAGAR ALAM

MUHAMMAD RIO, NIM. 502018255 (2022) SISTEM PERJANJIAN JUAL BELI AGEN SAYUR DI PASAR INDUK JAKABARING KOTA PALEMBANG DENGAN PEMASOK SAYUR DI KOTA PAGAR ALAM. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah palembang.

[img]
Preview
Text
502018255 _BAB I_SAMPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502018255 _BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text
502018255 _BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)
[img] Text
502018255 _BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] Text
502018255 _DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] Text
502018255_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
502018255_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK SISTEM PERJANJIAN JUAL BELI AGEN SAYUR DI PASAR INDUK JAKABARING KOTA PALEMBANG DENGAN PEMASOK SAYUR DI KOTA PAGAR ALAM Oleh Muhammad Rio Di dalam kehidupan bermasyarakan pasti kita memerlukan orang lain dalam memenuhi kebutuhan hidup. Karena pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendirian. Kebutuhan itu tidak pernah dapat dihentikan selama hidup manusia, Manusia pasti memerlukan kawan atau orang lain. Oleh karena itu, manusia perlu saling hormat menghormati, tolong menolong dan saling membantu dan tidak boleh saling merugikan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia akan melakukan jual beli antar sesama manusia. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah jenis penelitian penelitian yuridis empiris yang bersifat deskriptif dengan mengunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi kepustakaan dan penelitian lapangan. Metode penelitian kepustakaan yang bersumber dari peraturan perundang-undaangan, buku-buku, dokumen resmi, publikasi dan hasil penelitian. Metode penelitian lapangan yang dilakukan meliputi observasi, wawancara. Data sendiri dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Melakukan sistem perjanjian sesuai dengan pasal 1313 KUH perdata, yang menyebutkan bahwa perjanjian atau persetujuan adalah suatu perbuatan dengan mana satu orang atau lebih mengikatkan dirinya terhadap satu orang lain atau lebih. Kata persetujuan tersebut merupakan terjemahan dari perkataan overeekomst dalam Bahasa Belanda. Kata overeekomst tersebut lazim diterjemahkan juga dengan kata perjanjian. Jadi persetujuan dalam Pasal KUHPerdata tersebut sama artinya dengan perjanjian. Adapula yang berpendapat bahwa perjanjian tidak sama dengan persetujuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Sistem perjanjian jual beli antara agen sayur di Pasar Induk Jakabaring Kota Palembang dengan pemasok sayur dari kota pagar alam adalah secara lisan biasanya melalui telpon dengan kesepakatan berdasarkan kepercayaan dan itikad baik antara kedua belah pihak untuk saling bekerja sama serta saling menguntungkan. Dimana agen sayur yang memiliki lapak di Pasar Induk Jakabaring Kota Palembang menelpon si pemasok yang biasanya teman ataupun keluarga sendiri dengan mekanisme kerja nya yang si agen meminta barang yang diinginkan lalu si pemasok mencarikan barang tersebut di agar kalau pun tidak dapat yang diinginkan tetapi mencari barang yang seadanya agar tiap harinya terlaksana perjanjian jual beli. 2) Penyelesaian masalah apabila salah satu pihak terjadi wanprestasi adalah dapat diselesaikan dengan cara musyawarah untuk mencapai mufakat, dan apabila ada pihak yang dirugikan dapat diganti sesuai dengan kesepakatan bersama. Kata Kunci: Perjanjian Jual Beli

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Rosmawati, SH.,MH 2. Burhanuddin, SH.,MH
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Perjanjian Jual Beli
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 24 Mar 2022 06:39
Last Modified: 24 Mar 2022 06:39
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19760

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.