ANALISIS HUKUM PENGGUNAAN LAHAN PLASMA PERKEBUNAN OLEH KUD MINANGA OGAN TERHADAP PT. PERKEBUNAN MINANGA OGAN (STUDI PADA KANTOR KUD MINANGA OGAN)

FARNA YUNITA, NIM. 502018041 (2022) ANALISIS HUKUM PENGGUNAAN LAHAN PLASMA PERKEBUNAN OLEH KUD MINANGA OGAN TERHADAP PT. PERKEBUNAN MINANGA OGAN (STUDI PADA KANTOR KUD MINANGA OGAN). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah palembang.

[img]
Preview
Text
502018041_BAB I_SAMPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502018041_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
502018041_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] Text
502018041_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
502018041_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
502018041_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
502018041_COVER_SAMPAI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS HUKUM PENGGUNAAN LAHAN PLASMA PERKEBUNAN OLEH KUD MINANGA OGAN TERHADAP PT. PERKEBUNAN MINANGA OGAN (STUDI KASUS PADA KANTOR KUD MINANGA OGAN) FARNA YUNITA Penggunaan Lahan Plasma Merupakan aktifitas pengelolaan lahan tanah milik para petani peserta anggota KUD yang menyediakan lahannya untuk dibangun dan dikelola Perkebunan Kelapa Sawit oleh Perusahaan Inti PT.Perkebunan Minanga Ogan guna untuk membantu petani pemilik lahan yang tanahnya selama ini tidak dikelola (lahan tidur). Pengelolaan lahan bertujuan untuk memajukan dan meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi petani peserta anggota KUD pada khususnya dan masyarakat pada umumnya dalam rangka mendukung program Pemerintah membangun tatanan perekonomian Nasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hak dan kewajiban KUD Minanga Ogan terhadap PT. Perkebunan Minanga Ogan dan untuk mengetahui penyelesaiaan sengketa kewajiban KUD Minanga Ogan terhadap PT. Perkebunan Minanga Ogan. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Normatif, Metode Penelitian Normatif adalah penelitian yang ditunjukan dan dilakukan dengan mengunakan kajian terhadap peraturan Perundang-undang dan bahan hukum tertulis lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini sedangkan sifat dari penelitian ini adalah deskriptif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Perjanjian kerja sama pengelolaan lahan plasma Perkebunan Kelapa Sawit antara Perusahan Inti PT. Perkebunan Minanga Ogan dengan KUD Minanga Ogan dengan sistem pola kemitraan Anak Bapak Angkat (ABA) dalam Pelaksanaanya hak-hak petani plasma peserta KUD Minanga Ogan tidak dijalankan sepenuhnya oleh Perusahaan Inti. Hal ini pula yang menjadi pemicu timbulnya perselisihan dan konflik/sengketa lahan tanah pada KUD Minanga Ogan akhir-akhir ini. Kata Kunci : Penggunaan Lahan, Plasma, KUD

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing : 1. Dr. Abdul Latif Mahfuz, SH.,M.Kn 2. Rusniati, SE.,SH.,MH
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Penggunaan Lahan, Plasma, KUD
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 24 Mar 2022 05:02
Last Modified: 24 Mar 2022 05:02
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19756

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.