FUNGSI GUBERNUR SUMATERA SELATAN DALAM MELAKSANAKAN TUGAS PEMBANTUAN (MEDEBEWIND) BERDASARKAN PERUNDANG-UNDANGAN

FATIMAH AZ ZAHRA, NIM. 502018196 (2022) FUNGSI GUBERNUR SUMATERA SELATAN DALAM MELAKSANAKAN TUGAS PEMBANTUAN (MEDEBEWIND) BERDASARKAN PERUNDANG-UNDANGAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502018196_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502018196_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
502018196_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
502018196_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
502018196_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
502018196_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
502018196_COVER SAMPAI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kepala daerah provinsi adalah gubernur. Dalam menjalankan tugasnya gubernur dibantu oleh seorang wakil gubernur. Gubernur dan wakil gubernur dipilih secara langsung oleh rakyat dalam pemilihan kepala daerah. Gubernur harus bertanggung jawab kepada rakyat. Gubernur dalam kedudukannya sebagai wakil pemerintah pusat harus bertanggung jawab kepada presiden. Asas tugas pembantuan adalah: suatu bentuk penugas dari pemerintah pusat kepada daerah provinsi dan pemerintah daerah kabupaten/kota, serta dari pemerintah daerah provinsi kepada daerah kabupaten/kota, sehingga penugasan tersebut tetap menjadi tanggungjawab dari pemerintah pusat atau dari pemerintah daerah provinsi kepada pemerintah daerah kabupaten/kota. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui fungsi gubernur sumatera selatan dalam melaksanakan tugas pembantuan berdasarkan perundang-undangan serta tugas dan wewenang gubernur sebagai wakil pemerintah pusat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian yuridis empiris yang bersifat deskritif, metode pendekatan ini merupakan cara atau prosedur yang digunakan penulis untuk memecahkan masalah penelitian yaitu dengan meneliti data primer dengan melakukan wawancara dilapangan dan data sekunder dengan mengolah data dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, bahan hukum tersier dan dianalisa secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah menempatkan Gubernur pada 2 (dua) fungsi, yakni; 1.Sebagai Kepala daerah; 2.Sebagai Wakil Pemerintah Pusat di Daerah, merupakan hal yang paling menentukan dalam terwujudnya otonomi daerah dan hubungan pusat dan daerah yang baik. Kepala daerah merupakan unsur yang mengepalai suatu daerah otonom dan juga memimpin pelaksanaan pemerintah daerah sekaligus juga sebagai penanggungjawab terhadap proses penyelenggaraan pemerintahan daerah. Dalam Pasal 38 ayat (1) Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 dijelaskan bahwa, kedudukan Gubernur sebagai wakil pemerintah di daerah memiliki fungsi pembinaan, pengawasan dan koordinasi urusan di daerah serta tugas pembantuan. Dalam melaksanakan fungsi tersebut Pemerintah Daerah Provinsi/Gubernur menyusun laporan yang disebut dengan LPPD berisi laporan yang disampaikan oleh Pemerintah Daerah kepada Pemerintah Pusat yang memuat capaian kinerja penyenglenggaraan pemerintahan daerah dan pelaksanaan tugas pembantuan selama 1 (satu) tahun anggaran serta LKPJ berisi laporan yang disampaikan oleh Pemerintah Daerah yang memuat hasil penyelanggaraan urusan pemerintahan yang menyangkut pertanggungjawaban kinerja yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah selama 1 (satu) tahun anggaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Hj. Sri Suatmiati, S.H., M.Hum 2. Yudistira Rusydi, S.H., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Fungsi, Gubernur, dan Tugas Pembantuan
Subjects: Ilmu Hukum > Undang-Undang, Peraturan-peraturan, Perkara-perkara
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 24 Mar 2022 03:32
Last Modified: 24 Mar 2022 03:32
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19730

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.