TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMBAGIAN WARIS DI DESA KEBAN II, KEC. SANGA DESA, KAB. MUSI BANYUASIN

WAWAN SAPUTRA, NIM. 632018022 (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMBAGIAN WARIS DI DESA KEBAN II, KEC. SANGA DESA, KAB. MUSI BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
632018022_BAB I_DAFTAR PUSTAKA...pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
632018022_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[img] Text
632018022_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
632018022_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
632018022_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
632018022_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
632018022_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
632018022_Cover_sampai_Lampiran...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK “TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMBAGIAN WARIS DI DESA KEBAN II, KEC. SANGA DESA, KAB. MUSI BANYUASIN” Hukum Islam bersifat universal, salah satunya mengatur berbagai macam aturan mu’amalah duniawiyah. Aturan Allah tersebut mempunyai tujuan mengatur hubungan manusia dengan Allah dan hubungan manusia dengan manusia. Masyarakat Desa Keban II pada praktiknya di dalam pembagian harta waris masih menggunakan hukum adat. Dengan rumusan permasalah sebagai berikut : 1) Bagaimana persepsi masyarakat di Desa Keban II, Kec. Sanga Desa, Kab. Musi Banyuasin tentang pembagian harta waris 2) Bagaimana cara pembagian harta waris di Desa Keban II, Kec. Sanga Desa, Kab. Musi Banyuasin 3) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pembagian harta waris di Desa Keban II, Kec. Sanga Desa, Kab. Musi Banyuasin. Berdasarkan penelitian ini penulis bertujuan untuk menjelaskan tradisi yang masih di pegang teguh oleh masyarakat di Desa Keban II, Kec. Sanga Desa, Kab. Musi Banyuasin. Jenis data penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Data yang dijadikan sumber, yaitu: Data primer adalah data pokok yang bersumber langsung dari tokoh agama dan tokoh masyarakat di Desa Keban II, Kec. Sanga Desa, Kab. Musi Banyuasin. Sedangkan data sekunder adalah data penunjang yang bersumber dari buku-buku seperti: Kitabullah (Al-Qur’an) dan Sunnah Nabawiyah (Al-Hadits) dan lain-lain. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: 1) Bahwasanya masyarakat di Desa Keban II, Kec. Sanga Desa, Kab. Musi Banyuasin kebanyakan belum memahami pembagian harta waris berdasarkan hukum Islam. 2) Pembagian harta waris yang dilakukan dengan cara kekeluargaan. 3) Tinjauan hukum Islam pada masyarakat Desa Keban II, Kec. Sanga Desa, Kab. Musi Banyuasin berbeda dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah. Namun, pembagian harta waris secara kekeluargaan banyak mendatangkan kemaslahatan serta menghindarkan dari perselisihan antara ahli waris dan hal ini diperbolehkan dalam Islam. Kata Kunci: Tijauan, Hukum Islam, Harta Waris

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Drs. Antoni,M.H.I. 2. Yuniar Handayani, SH., M.H.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Tinjauan, Hukum Islam, Harta Waris
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Hukum Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 29 Mar 2022 01:47
Last Modified: 29 Mar 2022 01:47
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19709

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.