KEKUATAN HUKUM JUAL BELI HAK ATAS TANAH DIHADAPAN KEPALA DESA SRIDADI KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR

Vera Yunita, Nim. 502018066 (2022) KEKUATAN HUKUM JUAL BELI HAK ATAS TANAH DIHADAPAN KEPALA DESA SRIDADI KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502018066_BAB I_SAMPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (503kB) | Preview
[img] Text
502018066_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text
502018066_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
502018066_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] Text
502018066_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text
502018066_ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (862kB)
[img] Text
502018066_COVER SAMPAI LAMPIRAN - Copy.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK KEKUATAN HUKUM JUAL BELI HAK ATAS TANAH DIHADAPAN KEPALA DESA SRIDADI KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR Oleh : VERA YUNITA Tanah merupakan harta, kemudian secara fisik tidak dapat digantikan secara mudah dari satu orang dengan orang yang lain. Tanah bersifat permanen tidak bisa beralih menjadi naik, dan menjadi turun, ataupun hilang secara mudah seperti hak lainnya, Diatas tanah dapat di gunakan untuk bangunan rumah, gudang, gedung, tempat berbisnis, jaminan pinjaman, menanam padi, menanam berbagai macam sayuran dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kekuatan hukum jual beli hak atas tanah dihadapan kepala desa sridadi kabupaten ogan komering ulu timur dan akibat hukum jual beli hak atas tanah yang tidak dilaksanakan dihadapan pejabat pembuat akta tanah. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian yuridis empiris yaitu diambil dari data primer dengan melakukan wawancara dan data sekunder dengan mengolah data dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier, yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian pertama dipahami bahwa kekuatan hukum jual beli hak atas tanah yang dilakukan dihadapan kepala desa sridadi kabupaten ogan komering ulu timur mempunyai alat bukti yaitu berupa surat kepemilikan tanah (SKT), berdasarkan surat kepemilikan tanah tersebut yang dibuat kepala desa sridadi memiliki kekuatan hukum dengan adanya saksi-saksi, jual beli hak atas tanah sah menurut hukum dengan dipenuhi syarat materiil yaitu berupa Pasal 1320 dan di lakukan secara terang artinya tidak dilakukan dengan sembunyi-sembunyi. Hasil penelitian kedua akibat hukum jual beli hak atas tanah tanah yang tidak dilakukan dihadapan Pejabat Pembuat Akta Tanah yaitu ruginya kepada pihak pemegang hak atas tanah karena tidak dapat di alihkan atau didaftarkan di kantor pertanahan dan akibat hukum tersebut bisa terjadinya persengketaan. Kata kunci : Kekuatan hukum, jual beli, hak atas tanah, kepala desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr.Arief Wisnu Wardhana,SH.,M.HUM 2. Mona Wulandari,SH.,MH
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kekuatan hukum, jual beli, hak atas tanah, kepala desa.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 23 Mar 2022 03:17
Last Modified: 23 Mar 2022 03:17
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19691

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.