PENYELESAIAN SENGKETA HAK ATAS TANAH DENGAN CARA MEDIASI DI DESA KARYA MAJU KECAMATAN KELUANG KABUPATEN MUSI BANYUASIN.

Windi Melasari, NIM. 502018058 (2022) PENYELESAIAN SENGKETA HAK ATAS TANAH DENGAN CARA MEDIASI DI DESA KARYA MAJU KECAMATAN KELUANG KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502018058_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (709kB) | Preview
[img] Text
502018058_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
502018058_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] Text
502018058_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
502018058_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
502018058_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
502018058_COVER SAMPAI LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PENYELESAIAN SENGKETA HAK ATAS TANAH DENGAN CARA MEDIASI DI DESA KARYA MAJU KECAMATAN KELUANG KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Oleh : WINDI MELASARI NIM : 502018058 Tanah merupakan bagian dari bumi yang disebut permukaan bumi. Tanah adalah objek yang diatur oleh Hukum Agraria. Di dalam penyelesaian sengketa hak atas tanah biasanya masyarakat Desa Karya Maju Kecamatan Keluang Kabupaten Musi Banyuasin menyelesaikan sengketa hak atas tanahnya dengan cara mediasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mekanisme penyelesaian sengketa hak atas tanah dengan cara mediasi di Desa Karya Maju Kecamatan Keluang Kabupaten Musi Banyuasin dan kekuatan hukum penyelesaian sengketa hak atas tanah dengan cara mediasi di Desa Karya Maju Kecamatan Keluang Kabupaten Musi Banyuasin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian yuridis empiris yang bersifat deskritif, metode pendekatan ini merupakan cara atau prosedur yang digunakan penulis untuk memecahkan masalah penelitian yaitu dengan meneliti data primer dengan melakukan wawancara dilapangan dan data sekunder dengan mengolah data dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, bahan hukum tersier dan dianalisa secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa, mekanisme penyelesaian sengketa hak atas tanah dengan cara mediasi di Desa Karya Maju Kecamatan Keluang Kabupaten Musi Banyuasin dilakukan dengan cara para pihak yang bersengketa berusaha menyelesaikan sengketa tersebut dengan cara bermusyawarah diantara mereka sendiri, apabila para pihak tidak menemukan kesepakatan untuk menyelesaikan sengketa tersebut, maka para pihak meminta bantuan Kepala Dusun (Kadus) untuk menyelesaikan sengketa tersebut. Apabila kesepakatan juga belum tercapai setelah dibantu oleh Kadus, maka para pihak membawa sengketa ini ke Pemerintah Desa untuk dimediasi oleh Kepala Desa. Setelah dimediasi oleh Kepala Desa para pihak menyepakati penyelesaian sengketa tanah tersebut sesuai dengan arahan Kepala Desa. Kesepakatan disetiap tingkatan semuanya dibuat tertulis, yang ditandatangani oleh para pihak yang bersengketa, saksi dari masing-masing pihak, dan saksi dari Pemerintah Desa. Untuk penguatan janji tertulis tersebut, maka Kepala Desa juga menandatangani surat perjanjian tersebut sebagai pengesahanya. Sementara itu kekuatan hukum penyelesaian sengketa hak atas tanah dengan cara mediasi di Desa Karya Maju Kecamatan Keluang Kabupaten Musi Banyuasin bahwa kesepakatan para pihak tentang penyelesaian sengketa tersebut yang ditandatangani oleh para pihak yang bersengketa, saksi dari masing-masing pihak, saksi dari Pemerintah Desa, dan Kepala Desa juga menanandatangani surat perjanjian tersebut sebagai pengesahannya mengikat para pihak yang bersengketa, masing-masing pihak wajib melaksankan isi kesepakatan yang dimaksud. Kata Kunci : Penyelesaian Sengketa, Hak Atas Tanah, Mediasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. H. Abdul Hamid Usman, S.H., M. Hum. 2. Rusniati, S. E., S. H., M. H.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Penyelesaian Sengketa, Hak Atas Tanah, Mediasi.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 23 Mar 2022 02:55
Last Modified: 23 Mar 2022 02:55
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19680

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.