ANALISIS YURIDIS TERHADAP PERJANJIAN KERJASAMA ANTARA DEVELOPER DENGAN BANK DALAM HAL KREDIT PEMILIKAN RUMAH

FIERA ABZAISMA, NIM. 502018114 (2022) ANALISIS YURIDIS TERHADAP PERJANJIAN KERJASAMA ANTARA DEVELOPER DENGAN BANK DALAM HAL KREDIT PEMILIKAN RUMAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502018114_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (935kB) | Preview
[img] Text
502018114_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (868kB)
[img] Text
502018114_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (868kB)
[img] Text
502018114_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (870kB)
[img] Text
502018114_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] Text
502018114_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)
[img] Text
502018114_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS YURIDIS TERHADAP PERJANJIAN KERJASAMA ANTARA DEVELOPER DENGAN BANK DALAM HAL KREDIT PEMILIKAN RUMAH Oleh: Fiera Abzaisma Perjanjian kerja sama merupakan suatu perjanjian antara dua orang atau lebih yang menciptakan kewajiban untuk berbuat atau tidak berbuat sesuatu hal yang khusus. Seperti perjanjian kerja sama antara Developer dengan Bank dalam pengadaan Rumah KPR Bersubsidi, Perjanjian kerja sama antara pihak bank dengan pihak developer merupakan pokok perjanjian khusus yang tidak diketahui debitur dan juga merupakan perjanjian yang tidak melibatkan debitur. Permasalahan dalam skripsi ini, yaitu apa saja hubungan kerja sama antara pihak developer dengan pihak bank dalam proses kepemilikan rumah bersubsidi bagi konsumen, perihal bagaimana keseimbangan hak dan kewajiban antara Developer dengan Bank serta perlindungan hukum bagi konsumen terhadap pelaksanaan hubungan kerja sama antara kedua belah pihak dengan konsumen. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah jenis penelitian hukum sosiologis dengan menelaah hukum dalam kenyataan atau berdasarkan fakta didapat secara obyektif di lapangan baik berupa data informasi, dan pendapat yang didasarkan pada identifikasi hukum dan efektivitas hukum, melalui wawancara dengan akademis yang berkompeten terkait dengan masalah yang diangkat dalam penelitian. Perjanjian kerja sama antara Developer PT. ATH Zafir Propertindo dengan Bank BTN Cabang Palembang dalam pengadaan rumah KPR Bersubsidi dianggap sah karena telah memenuhi ketentuan persyaratan sebagaimana diatur dalam pasal 1320 KUHPerdata. Dalam perjanjian kerja sama tersebut, para pihak menjalankan hak dan kewajibannya juga dapat dikatakan seimbang karena dalam hubungan kerja sama mereka belum pernah mengalami kendala yang berarti. Sedangkan sanksi-sanksi yang dapat dibebankan kepada pihak developer yang telah melakukan wanprestasi kepada konsumen, antara lain : Sanksi pidana dan sanksi Administratif. Kata Kunci: Perjanjian, Developer, Bank, dan Kredit Pemilikan Rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Hendri S, SH., M.Hum Pembimbing 2 : H. Helmi Ibrahim, SH., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Perjanjian, Developer, Bank, dan Kredit Pemilikan Rumah
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 22 Mar 2022 06:05
Last Modified: 22 Mar 2022 06:05
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19660

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.