UPAYA KOMISI KEJAKSAAN SEBAGAI LEMBAGA YANG MENGAWASI LEMBAGA KEJAKSAAN

DINDA, NIM. 502018220 (2022) UPAYA KOMISI KEJAKSAAN SEBAGAI LEMBAGA YANG MENGAWASI LEMBAGA KEJAKSAAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502018220_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502018220_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
502018220_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text
502018220_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
502018220_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
502018220_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
502018220_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini adalah sebagai berikut : 1. Bagaimanakah upaya Komisi Kejaksaan sebagai lembaga yang mengawasi lembaga kejaksaan ? 2. Bagaimanakah hambatan Komisi Kejaksaan dalam melakukan Pengawasan terhadap lembaga kejaksaan ? Selaras dengan tujuan yang bermaksud untuk mengetahui upaya Komisi Kejaksaan sebagai lembaga yang mengawasi lembaga kejaksaan dan hambatan Komisi Kejaksaan dalam melakukan Pengawasan terhadap lembaga kejaksaan, maka jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normative yang bersifat deskriptif (menggambarkan), oleh karenanya tidak bermaksud untuk menguji hipotesa. Teknik penggumpulan data dititikberatkan kepada penelitian kepustakaan dengan cara mengkaji bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menerapkan cara analisis isi (Content Analisys) untuk selanjutnya dikontruksikan ke dalam suatu kesimpulan. Berdasarkan hasil pembahasan yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : 1. Upaya Komisi Kejaksaan sebagai lembaga yang mengawasi lembaga kejaksaan bahwa Komisi Kejaksaan tidak akan melakukan action sebelum pengawasan internal melakukan action. Jadi, action tetap berada pada pengawasan internal Kejaksaan, tetapi bila komisi Kejaksaan melihat pengawasan internal Kejaksaan tidak bekerja dengan baik maka pemeriksan diambil alih oleh komisi Kejaksaan. 2. Hambatan Komisi Kejaksaan dalam melakukan pengawasan terhadap lembaga kejaksaan yaitu mengenai kewenangan Komisi Kejaksaan tidak kuat karena hanya rekomendasi yang sangat tergantung dari leadership dan proaktif yang dimiliki oleh Jaksa Agung. Jadi tergantung apakah Jaksa Agung mau menindaklanjuti rekomendasi dari Komisi Kejaksaan atau tidak. Karena hanya berupa rekomendasi, berhasil tidaknya Komisi Kejaksaan sangat bergantung pada komitmen dan kredibilitas Jaksa Agung untuk merespon dan menindaklanjuti rekomendasi dari Komisi Kejaksaan. Dan juga terkait dengan penggunaan anggaran yang masih menginduk di Lembaga Kejaksaan sehingga hal ini dikhawatirkan akan mengurangi independensi kewenangan Komisi Kejaksaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Luil Maknun, SH., MH 2. Yudistira Rusydi, SH., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Komisi Kejaksaan
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 23 Mar 2022 04:08
Last Modified: 23 Mar 2022 04:08
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19654

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.